Yukk Kunjungi Perpustakaan Museum Benteng Vredeburg

administrators 15 Agustus 2022 10:27:00 572

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta memiliki perpustakaan yang dapat dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara pada hari Senin-Jumat, pukul 08.00-16.00 WIB. Perpustakaan ini memiliki sekitar 6000 buku yang tidak hanya bisa dipinjam ditempat, namun bisa juga dipinjam untuk dibawa pulang bagi pengunjung yang berdomisili di Yogyakarta. Adapun ketentuan peminjamannya, selama lima hari maksimal sejumlah tiga buku. Bagi peminjam buku, diberikan kartu anggota perpustakaan yang diberikan secara gratis. 

Berdirinya perpustakaan ini bermula dari kurator Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta yang merasa membutuhkan dukungan literasi untuk mendukung penulisan informasi koleksi museum, kemudian mulailah dilakukan pembelian buku. Seiring dengan semakin bertambahnya jumlah koleksi buku, buku-buku yang tadinya hanya diperuntukkan bagi kalangan internal museum, kemudian diperluas pemanfaatannya bagi masyarakat umum.

Menurut Lilik Purwanti, salah seorang pengelola perpustakaan Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, tujuan didirikannya perpustakaan terdapat dua sisi kepentingan, yaitu kepentingan bagi pengelola museum dan bagi pengunjung museum. Bagi pengelola museum, hadirnya perpustakaan dimaksudkan untuk menyediakan literasi untuk kepentingan museum sendiri, seperti penulisan informasi koleksi, kepentingan penelitian koleksi museum, serta kepentingan lain sesuai dengan tugas dan fungsi museum. Sedangkan bagi pengunjung museum, ketika membutuhkan literasi informasi secara mendalam terkait koleksi museum, maka pengunjung bisa datang ke perpustakaan. Hal ini dikarenakan, informasi yang disajikan dalam label deskripsi koleksi masih sangat umum dan kurang mendalam. 

Buku-buku yang ada di perpustakaan Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta sebagian besar adalah buku-buku bertemakan sejarah, karena sebagai perpustakaan khusus, maka koleksinya harus mendukung lembaga induknya. Sementara lembaga induknya, yakni Museum Benteng Vredebug Yogyakarta merupakan museum khusus sejarah perjuangan bangsa Indonesia yang terjadi di Yogyakarta. 

Diperpustakaan ini, selain bisa baca atau pinjam buku gratis, pengunjung juga bisa memanfaatkan layanan komputer dan internet secara gratis. Jadi tunggu apa lagi Sob, Yukk Gass kunjungi dan manfaatkan layanan perpustakaan Museum Benteng Vredeburg. 


Penulis : Vanesa Elfita Kumala (PKL SMKN 7 Yogyakarta) 




Bagaimana informasi yang disediakan website ini?
   

Bagaimana informasi yang disediakan website ini?