Petugas Kebersihan Ciptakan Lingkungan yang Nyaman untuk Pengunjung

administrators 17 November 2022 12:45:19 34

Kebersihan menjadi salah satu hal yang penting demi terwujudnya lingkungan yang nyaman dan aman baik untuk karyawan maupun pengunjung Museum. Kebersihan lingkungan pun berpengaruh bagi kesehatan manusia, ketika lingkungan terjaga dan terawat maka kesehatan manusia pun akan mengikutinya. Sebaliknya jika lingkungan tidak dijaga dan kotor, dapat menjadi sarang atau tempat penyakit. Dalam hal ini, kebersihan lingkungan juga dapat mencerminkan kualitas suatu tempat.   

Dalam menjaga kebersihan lingkungan Museum petugas kebersihan melaksanakan tugasnya setiap hari mulai dari bagian depan, samping, ruang-ruang kantor, hingga bagian belakang Museum. Tugas-tugas yang dilaksanakan setiap harinya, seperti: menyapu lantai, mengepel, memotong rumput, dan bertanggung jawab melakukan perawatan kebersihan di lingkungan Museum. Petugas Kebersihan dapat dikatakan sebagai pemeran pendukung, namun peranan ini sangat penting untuk memastikan lingkungan Museum dapat terwujud secara optimal.

Untuk memudahkan petugas kebersihan dalam mengolah sampah, diterapkanlah pemilahan atau sampah harus dibuang sesuai dengan jenisnya. Pihak Museum menyediakan tigas jenis tempat sampah dengan masing-masing warna yang berbeda, yaitu warna kuning, merah, dan hijau. Warna kuning untuk sampah anorganik (plastik, kaleng, dll); warna merah untuk sampah B3 (Bahan berbahaya dan beracun seperti: kaca); dan warna hijau untuk organik (daun, ranting, sisa makanan). Pengelolaan sampah ini menjadi salah satu upaya untuk mengurangi dampak negatif yang ditimbulkan, seperti: terjadinya bencana banjir, kerusakan ekosistem, menimbulkan penyakit demam berdarah. 

Kegiatan yang dilakukan petugas kebersihan diharapkan dapat memberikan kenyamanan bagi pengunjung, meskipun demikian menjaga lingkungan agar tetap bersih dan nyaman adalah tanggung jawab bersama. Untuk itu mari jaga baik-baik lingkungan kita dan buanglah sampah pada tempatnya!


Penulis:

Dewi Rosya Wahyu Handayani (Magang Universitas Negeri Yogyakarta)




Bagaimana informasi yang disediakan website ini?
   

Bagaimana informasi yang disediakan website ini?