Pameran Serangan Umum 1 Maret 1949 “Di Balik Serangan Fajar” Diperpanjang

administrators 06 Maret 2020 15:43:52 84


Yogyakarta, Pameran Temporer Serangan Umum 1 Maret 1949 merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta untuk memperingati peristiwa Serangan Umum 1 Maret 1949 atau yang dikenal dengan 6 jam di Jogja. Serangan yang direncanakan secara besar-besaran dan melibatkan seluruh komponen masyarakat ini telah membuka mata dunia bahwa TNI dan Republik masih eksis. Hal ini menjadikan posisi Indonesia semakin kuat pada perundingan-perundingan yang sedang berlangsung di Dewan Keamanan PBB.

 

Tema “Di Balik Serangan Fajar” diangkat dalam pameran kali ini karena bukan hanya pemimpin negara dan TNI yang berperan dalam perjuangan menuju Indonesia berdaulat, namun ada berbagai pihak yang memiliki peran penting atas terlaksananya perjuangan. Mereka adalah rakyat dari berbagai elemen yang berkontribusi dengan berbagai bentuk. Mereka antara lain PMI, perempuan, pemuda desa, masyarakat, seniman, dan lain-lain.

     

Peran rakyat tersebut sering tidak terekspos, sehingga dalam pameran ini berusaha menampilkan beberapa partisipasi rakyat tersebut dalam keterlibatannya mewujudkan Negara Indonesia yang merdeka dan berdaulat karena tanpa mereka perjuangan tidak akan berjalan lancar.

 

Pameran disajikan dengan ilustrasi gambar yang menceritakan kegiatan masyarakat dalam turut berjuang mempertahankan kemerdekaan, disertai dengan benda bukti material berupa koleksi Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta yang terkait dengan peristiwa tersebut.

 

Pameran yang dibuka pada tanggal 1 Maret 2020 oleh Asisten Sekretaris Daerah Bidang Pemerintahan dan Administrasi Umum Sekda DIY (Sigit Sapto Raharjo) didampingi Kepala Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, Kepala Dinas Sejarah Angkatan Darat TNI AD, Komandan KOREM 072 Pamungkas. Direncanakan pameran berakhir pada tanggal 5 Maret 2020 tetapi keingintahuan masyarakat terhadap peristiwa Serangan Umum 1 Maret 1949 pameran temporer “Di Balik Serangan Fajar” akan diperpanjang pelaksanaannya hingga tanggal 20 Maret 2020. Pameran terbuka untuk umum di Gedung E lantai II (Sultan Agung) Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta pukul 08.00-16.00WIB.


Melalui pameran temporer ini Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta sebagai museum sejarah yang mengemban tugas untuk menyosialiasasikan tentang peristiwa/sejarah tersebut agar diketahui oleh generasi muda, sehingga akan menumbuhkan rasa cinta tanah air dan nasionalisme di kalangan generasi muda. Selain itu, dengan ditampilkannya benda realia sebagai bukti material atas suatu peristiwa, maka masyarakat umum dpat lebih mengenal koleksi museum dan menambah pengetahuan serta pemahaman masyarakat terhadap sejarah bangsanya.



Bagaimana informasi yang disediakan website ini?
   

Bagaimana informasi yang disediakan website ini?



Berikut ini adalah Reformasi Birokrasi (RB) Pada Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta. Untuk Lebih Jelasnya Silahkan Download Soft Data Dibawah ini :

Grand Design Reformasi Birokrasi (RB) :

Peraturan Presiden RI No. 81 Tahun 2010 Grand Design Reformasi Birokrasi 2010 - 2025.

Road Map Reformasi Birokrasi (RB) :
1. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 20 Tahun 2010 Tentang Road Map Reformasi Birokrasi 2010-2014.
2. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 11 Tahun 2015 Tentang Road Map Reformasi Birokrasi 2015-2019.

Surat Keputusan Tim Reformasi Birokrasi (RB) Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta :

Surat Keputusan Tim Reformasi Birokrasi (RB) Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta.

Elektronik Dokumen (e-doc) Reformasi Birokrasi (RB) Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta

Informasi Pelayanan Pengaduan Berupa SMS yang Dapat Diakses Oleh Publik Dimanapun Berada Dengan Menggunakan Handphone / Mobile Phone Di Nomor : 081226099292

Portal Layanan Pengaduan Online Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta.


http://ult.kemdikbud.go.id/