Hubungan K.H. Ahmad Dahlan dengan Organisasi Muhammadiyah

administrators 08 November 2022 08:15:10 305

Muhammadiyah merupakan organisasi Islam modern pertama yang ada di Indonesia, yang terbentuk pada tanggal 18 November 1912 M. Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta memiliki koleksi suasana proses terbentuknya Muhammadiyah yang dapat kita temui di diorama 1. Sejarah terbentuknya organisasi Muhammadiyah tidak lepas dengan sosok pendirinya yaitu K.H. Ahmad Dahlan yang mempunyai keinginan untuk mendirikan sebuah organisasi perjuangan dan dakwah yang bersumber pada Al-Qur'an. Saat itu, situasi dan keadaan agama islam di Indonesia sangat memprihatinkan yang kemudian menjadi salah satu faktor K.H. Ahmad Dahlan merasa simpati terutama dengan kalangan muda yang beranggapan bahwa agama dan umat islam itu menghambat kemajuan bangsa.

Pemikiran K.H. Ahmad Dahlan mengenai pembentukan Muhammadiyah merupakan hasil dari beberapa pandangan dengan rekan-rekan dari Budi Utomo yang tertarik pada persoalan agama. Nama "Muhammadiyah" diambil dari nama Nabi Muhammad yang ditambahi akhiran 'yah' yang dapat diartikan menjadi orang-orang yang mengikuti Muhammad, sesuai dengan tujuan Muhammadiyah yaitu mengembalikkan segala penyimpangan yang terjadi saat berdakwah. Organisasi Muhammadiyah juga disebut sebagai salah satu organisasi pergerakan nasional karena lahir di tengah kondisi pergerakan nasional yang sangat menyedihkan. Muhammadiyah terus berkembang dan bergerak di berbagai bidang seperti pendidikan, keagamaan, sosial, dan budaya.  

Selain kondisi agama saat itu yang memprihatinkan terdapat beberapa alasan yang menambah keyakinan K.H. Ahmad Dahlan untuk mendirikan organisasi ini, yaitu: saat itu tidak ada lembaga pendidikan Islam yang mampu memadai calon-calon penerus bangsa, kondisi masyarakat saat itu banyak mengalami penyimpangan seperti Tahayul, Bid'ah, dan Khurafat. adanya penyebaran agama nasrani yang kuat di Indonesia sehingga K.H. Ahmad Dahlan menyeimbangkan penyebaran tersebut dengan gerakan-gerakan sosial untuk menyelamatkan umat Islam, dan pada abad 18-20 mulai muncul gerakan pembaharuan Islam di dunia yang menginspirasi K.H. Ahmad Dahlan untuk terus memperjuangkan organisasi Muhammadiyah. Itulah mengapa berdirinya organisasi Muhammadiyah erat kaitannya dengan K.H. Ahmad Dahlan yang berjuang demi masa depan serta kepentingan umat Islam.


Referensi:

https://muhammadiyah.or.id/sejarah-singkat-muhammadiyah/


Penulis:

Dewi Rosya Wahyu Handayani (Magang Universitas Negeri Yogyakarta)




Bagaimana informasi yang disediakan website ini?
   

Bagaimana informasi yang disediakan website ini?