Wajib Kunjung Museum, Program Bijak Pengenalan Sejarah untuk Peserta MOS 2017

administrators 19 Juli 2017 11:35:36 351

mos2017 (13)

Yogyakarta, Rabu pagi ini merupakan puncak dari kunjungan peserta Masa Orientasi Siswa atau biasa disingkat MOS ke Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta. Lebih dari 12 rombongan sekolah se-DIY yang terjadwal berkunjung hari ini (29-07-2017). Suasana mendung tidak mengurangi semangat para peserta dan pemandu museum dalam pendampingan kunjungan. Setiap rombongan sekolah dipecah menjadi beberapa kelompok agar pemandu dapat lebih efektif dalam memberikan penjelasan. Pemandu museum terdiri dari tim edukator dan dibantu belasan anak magang di museum. mos2017 (12) mos2017 (7) mos2017 (2) mos2017 (3) Rombongan diarahkan ke Diorama II, Diorama III dan Diorama IV, untuk sementara Diorama I masih belum bisa dikunjungi dalam masa renovasi rangka atap. Adanya pameran Warisan Budaya dan Sejarah Indonesia oleh Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) seluruh Indonesia di selasar Diorama II dan pameran Jejak Sejarah Jogja Kembali oleh Dinas Kebudayaan DIY di gedung E sangat membantu pemandu memecah rombongan agar tidak terlalu padat dan penuh sesak. Sejak kemaren, dijadwalkan hingga akhir minggu ini akan selalu ada rombongan Wajib Kunjung Museum dari sekolah-sekolah seputar Yogyakarta. Untuk hari ini lebih dari 2.500 pengunjung padati Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta. Siswa dari SMP 5 Depok, SMP 8 Yogyakarta, TK Baru Kotagede, TK Bener Tegalrejo, SMA Pangudi Luhur, SMK Sanjaya Pakem, SMP Ngemplak Slema, SMP Taman Dewasa Jetis, MTS Muh. karang Kajen, SMP Perak Kotagede, SMP N 3 Yogyakarta dan beberapa rombongan diluar siswa sekolah padati Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta. mos2017 (6) mos2017 (5) Tak hanya kunjungan di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, beberapa kunjungan dari peserta MOS 2017 juga menjadwalkan kunjungan ke Museum Perjuangan Yogyakarta yang merupakan Museum Unit II Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta yang terletak di Jalan Kolonel Sugiyono No. 24 Yogyakarta. Sebanyak 2.500 peserta MOS 2017 juga sudah terjadwal berkunjung ke Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta pada hari Kamis sampai dengan Sabtu minggu ini. Disini pendampingan oleh pemandu yang diperankan oleh tim edukator menjadi kunci utama kelancaran kunjungan. Tidak hanya kunjungan saja, tetapi diharapkan peserta mendapatkan pengetahuan baru pasca kunjungan ke museum. Sehingga salah satu misi museum "Mewujudkan peran museum sebagai media pendidikan non formal bagi pengembangan ilmu pengetahuan sejarah dengan nuansa edutainment" dapat tercapai.


Bagaimana informasi yang disediakan website ini?
   

Bagaimana informasi yang disediakan website ini?



Berikut ini adalah Reformasi Birokrasi (RB) Pada Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta. Untuk Lebih Jelasnya Silahkan Download Soft Data Dibawah ini :

Grand Design Reformasi Birokrasi (RB) :

Peraturan Presiden RI No. 81 Tahun 2010 Grand Design Reformasi Birokrasi 2010 - 2025.

Road Map Reformasi Birokrasi (RB) :
1. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 20 Tahun 2010 Tentang Road Map Reformasi Birokrasi 2010-2014.
2. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 11 Tahun 2015 Tentang Road Map Reformasi Birokrasi 2015-2019.

Surat Keputusan Tim Reformasi Birokrasi (RB) Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta :

Surat Keputusan Tim Reformasi Birokrasi (RB) Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta.

Elektronik Dokumen (e-doc) Reformasi Birokrasi (RB) Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta

Informasi Pelayanan Pengaduan Berupa SMS yang Dapat Diakses Oleh Publik Dimanapun Berada Dengan Menggunakan Handphone / Mobile Phone Di Nomor : 081226099292

Portal Layanan Pengaduan Online Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta.


http://ult.kemdikbud.go.id/