Kidung Wanita Tama- Nyanyian untuk Wanita Mulia di Museum

administrators 29 April 2016 11:18:44 355

macapat-smp3 Yogyakarta, Rabu 27 April 2016. Pagi itu halaman Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta tampak ramai, dan yang berbeda pada hari itu adalah puluhan siswa dan karyawan yang mengenakan pakaian adat tradisional jawa. Hal tersebut dikarenakan merupakan ketentuan dari salah satu tata tertib lomba. Dalam rangka meningkatkan apresiasi masyarakat khususnya pelajar terhadap sejarah, budaya dan museum, Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta mengadakan kegiatan Lomba Macapat tingkat SMP se-DIY. Tema yang diangkat pada Lomba Macapat 2016 adalah "Kidung Wanita Tama" (Nyanyian Untuk Wanita Utama/Mulia). Dengan diikuti 25 peserta wakil dari 25 sekolah se-DIY yang telah ditunjuk Dinas Pendidikan setempat, para peserta berkesempatan menembang macapat dengan satu tembang wajib dan satu tembang pilihan. Dalam kesempatan ini bapak Haris Budiharto, SS. M.Hum selaku kepala Tata Usaha Museum Benteng Vredeburg mewakili Kepala Museum membuka acara kegiatan dengan membacakan sambutan dari ibu kepala. Pada sambutan beliau melalui berbagai kegiatan yang merangkul berbagai kalangan, baik masyarakat umum, komunitas, instansi, maupun sekolah-sekolah. Museum salah satu media bagi seluruh lapisan masyarakat untuk belajar dan mengeksplorasi baik budaya maupun sejarah bangsa. macapat-smp2 macapat-smp macapat-smp1 Kriteria penilaian yang terdiri dari : dasar suara, pedhotan tembang, teknis garapan, dan penampilan sebagai dasar penilaian para juri. Tiga Dewan Juri yaitu Jumiyo Siswo Pangarso, S.Pd dari kampung seni macapat Dewa Brata Yogyakarta sekaligus pencipta syair untuk peserta, Suwarto S.Pd dari Lembaga Jawa Sekar Pangawitan Yogyakarta dan Kadi Siswo Harjono dari praktisi macapat. 25 peserta bersaing memperebutkan Juara I-Harapan II dan 10 Nominasi dengan total hadiah Jutaan Rupiah. Adapun peserta yang terpilih menjadi juara, sebagai berikut: Juara I Reyna Dadiaratu M.P SMPN 5 Yogyakarta Juara II    Prasetya Murdaka P. SMPN 2 Srandakan Juara III   Praditya priandini   SMPN 2 Nglipar Harapan I Narrarya Prabu SMPN 1 Girimulyo Harapan II Okto Surya adie   SMPN 1 Minggir Terfavorit   Yola kartika Putri SMPN 2 Wonosari Nominasi I Langit Lazuardi F. SMPN 1 Jetis Nominasi II   Dhias Tya P SMPN 1 Patuk Nominasi III Fera Nur Husnaa SMPN 2 Kretek Nominasi IV Siwi Nur Pratiwi  SMPN 2 Samigaluh Nominasi V   Galuh Sekar K.   SMPN 1 Sentolo Nominasi VI Putri kinanti SMPN 1 Srandakan Nominasi VII   Zahro Asysyarofi SMPN 10 Yogyakarta Nominasi VIII Yasinta Nia P. SMPN 2 Sanden Nominasi IX Dwi Fatmaningsih SMPN 1 Ngawen Nominasi X   Audia Kirana R. SMPN 1 Prambanan


Bagaimana informasi yang disediakan website ini?
   

Bagaimana informasi yang disediakan website ini?



Berikut ini adalah Reformasi Birokrasi (RB) Pada Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta. Untuk Lebih Jelasnya Silahkan Download Soft Data Dibawah ini :

Grand Design Reformasi Birokrasi (RB) :

Peraturan Presiden RI No. 81 Tahun 2010 Grand Design Reformasi Birokrasi 2010 - 2025.

Road Map Reformasi Birokrasi (RB) :
1. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 20 Tahun 2010 Tentang Road Map Reformasi Birokrasi 2010-2014.
2. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 11 Tahun 2015 Tentang Road Map Reformasi Birokrasi 2015-2019.

Surat Keputusan Tim Reformasi Birokrasi (RB) Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta :

Surat Keputusan Tim Reformasi Birokrasi (RB) Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta.

Elektronik Dokumen (e-doc) Reformasi Birokrasi (RB) Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta

Informasi Pelayanan Pengaduan Berupa SMS yang Dapat Diakses Oleh Publik Dimanapun Berada Dengan Menggunakan Handphone / Mobile Phone Di Nomor : 081226099292

Portal Layanan Pengaduan Online Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta.


http://ult.kemdikbud.go.id/