Tertib Apel Pagi, Bentuk Kedisiplinan dan Tanggung Jawab Pegawai

administrators 06 September 2021 16:58:48 71

Pelaksanaan apel pagi merupakan kewasjiban bagi setiap pegawai. Apel pagi juga sebagai sarana untuk menyampaikan informasi-informasi di instansi  yang harus segera ditindaklanjuti. Selain itu, mengikuti apel merupakan bentuk kedisiplinan dan tanggung jawab bagi setiap pegawai di lingkungan Museum Benteng Vredeburg.


Hal tersebut disampaikan oleh Winarni SS.,MA, Pamong Budaya Ahli Madya Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta pada Senin (30/8) selaku pembina apel pagi virtual di lingkungan Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta. Apel ini telah secara rutin dilakukan  sehubungan dengan adanya Surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor B/81/M.KT.00/2021 tanggal 14 Juni 2021 mengenai Himbauan Pelaksanaan Apel Pagi dan dalam rangka memelihara dan meningkatkan rasa kebangsaan dan cinta tanah air, pengabdian terhadap negara dan rakyat Indonesia, serta ketaatan terhadap ideologi Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 bagi Aparatur Sipil Negara. 


Lebih lanjut, Winarni juga mengajak kepada segenap karyawan untuk selalu berusaha meningkatkan kinerja sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing guna memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Ia juga berpesan agar pemberian pelayanan terbaik tersebut juga disertai dengan tertib administrasi, dalam hal ini dengan dilengkapinya laporan kinerja harian serta laporan kinerja bulanan.


“Catat apa yang akan dikerjakan, dan kerjakan apa yang kita catat. mungkin hal ini dapat kita jadikan motto dalam memotivasi diri kita sendiri dalam melaksanakan tugas kita sebagai ASN di instasi kita. Selain itu, jangan ditunda jika bisa dikerjakan hari ini, lebih cepat dikerjakan, akan lebih baik”, pesan Winarni.


Selain itu, terkait pandemi Covid 19, pembina apel mengingatkan bahwa meski kondisi penyebaran vius ini di DIY sudah mengalami penurunan kasus, namun hendaknya tetap selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan hingga pandemi ini segera turun sampai level 0.


Dalam kegiatan apel pagi virtual yang dikemas dalam bentuk upacara ini melibatkan beberapa karyawan selaku petugas upacara, yakni Reni Widyastuti (selaku Pembawa Acara), Nasib Dwi Riyanta ( selaku Pembaca Teks Pancasila), Mahtisa Iswari ( Pembaca Teks Pembukaan UUD 1945), Sutanto Riyadi (Pembaca Teks Panca Prasetya Korpri), dan Darsono (Pembaca Doa).


Penulis: Lilik Purwanti (Pamong Budaya Pertama Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta)



Bagaimana informasi yang disediakan website ini?
   

Bagaimana informasi yang disediakan website ini?