Patroly Security, Bantu Hemat Listrik & Antisipasi Potensi Kecelakaan Listrik

administrators 23 September 2025 12:25:49 2

Senin (22/9/2025) Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta mengadakan kegiatan apel pagi yang diadakan seminggu sekali. Apel kali ini dilaksanakan di depan diorama dua dan dihadiri kurang lebih 50 peserta. Peserta apel terdiri dari tim layanan, edukator, dokumentasi, dan konservasi. Sebelum dimulai, peserta diarahkan untuk merapikan barisan, kemudian diistirahatkan di tempat untuk mendengarkan amanat pembina apel.

 

Singgih Wijanarko (Polsus Cagar Budaya) selaku pembina apel pada pagi ini, menyampaikan rasa syukurnya atas kesempatan menghadiri apel sekaligus mengajak seluruh peserta untuk bersinergi dalam bekerja.

 

“Sudah sepatutnya kita bersyukur karena telah diberi kesempatan untuk mengikuti apel dalam keadaan sehat maupun tidak sehat. Kita berasal dari Allah, lalu sekarang kita sedang perjalanan menuju kepada Allah. Marilah kita berjalan bersama-sama menggerakkan museum ini”, ungkapnya.

 

Sementara, V.Agus Sulistya (Penanggung Jawab Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta) menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasihnya atas dedikasi petugas keamanan/security. Terutama terkait patrol pengecekan ruang per ruang selepas pukul 16.00 dan mematikan lampu-lampu yang tidak perlu.

 

“Terima kasih kepada petugas keamanan karena telah membantu menghemat tenaga listrik di museum kita. Selain itu pengecekan juga sebagai bentuk antisipasi dari potensi kecelakaan listrik.”

 

Kasus kebakaran Hotel Manohara di dekat Candi Borobudur pada 19 September 2025, menjadi bahan evaluasi bagi pihak Museum agar lebih mewaspadai potensi kecelakaan listrik. Selain itu, ia juga menambahkan terkait perlunya pengecekan kabel secara berkala. Dibutuhkan koordinasi antara petugas keamanan dan petugas teknis terkait pengecekan untuk menghindari bencana apapun yang disebabkan oleh listrik. 

 

Selain itu ia juga mengapresiasi kinerja baik para pegawai museum dalam menghadapi permasalahan pengunjung, terutama dalam mengatasi reservasi ruangan yang sempat melibatkan rombongan dari Jakarta. Berkat kesigapannya dalam menyiapkan ruangan, pengunjung pada akhirnya memberikan feedback positif.

 

“Memberikan pelayanan terbaik akan membuat citra museum menjadi baik pula,” ucapnya sekaligus menjadi sesi akhir dari kegiatan apel pagi.

 


Penulis :
Dieny Permata Ainy

Editor : Lilik Purwanti

 

facebook  twitter-x  whatsapp  


Bagaimana informasi yang disediakan website ini?
   

Bagaimana informasi yang disediakan website ini?