Jelajah Museum Tarik Antusias Masyarakat

administrators 14 Februari 2022 16:57:39 762

Minggu, 13 Februari 2022 telah dilaksanakan Jelajah Museum di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta. Event ini merupakan bentuk kerjasama antara Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta bersama Komunitas Malam Museum yang sebelumnya kegiatan ini diadakan pada malam hari dengan nama Jelajah Malam Museum. 

Jelajah museum ini dilaksanakan tanpa dipungut biaya dan diisi oleh berbagai aktivitas diantaranya berkeliling museum, games, hiburan, door prize dan diskusi bersama sejarwan Florentinus Galih Adi Utama


Dalam penyambutan peserta Kepala Museum Benteng Vredeburg, Suharja menyampaikan bahwasanya kegiatan ini diharapkan seluruh peserta yang berasal dari berbagai penjuru Indonesia dapat memperkenalkan ke daerah masing-masing terkait adat Jogja dan ikonnya termasuk Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta yang tak terlepas dari sejarah Indonesia. 


Gunawan Haji selaku Koordinator Kerja Teknis Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta kegiatan ini sangat menarik antusias masyarakat. Hal ini terbukti dengan antusias yang mencapai 600an pendaftar dan kegiatan ini hanya memiliki kuota 150 peserta dan nantinya bagi peserta yang sudah mengikuti Jelajah Museum tidak diperkenankan untuk mengikuti kedua kalinya. Hal ini bertujuan agar terciptanya pemerataan.


Menurut salah satu pengunjung, Naufal menceritakan bahwa pengalaman ini sangatlah asik dan mengesankan karena berbagai fasilitas dan benefit yang ia dapatkan tidaklah pernah ia rasakan sebelumnya.


Erwin Djunaedi selaku Founder Komunitas Malam Museum kegiatan Jelajah Museum menjelaskan bahwa kegiatan ini diagendakan sebanyak 6 kali sepanjang tahun 2022 dan akan dilaksanakan di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta dan Museum Perjuangan Yogyakarta (Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta unit II).

.

Penulis : Ayu Maun Nadhifah (Duta Museum DIY 2022 untuk Museum Benteng Vredeburg)




Bagaimana informasi yang disediakan website ini?
   

Bagaimana informasi yang disediakan website ini?