Tesdoang Vredeburg.id

Apel Perdana Pasca Lebaran, Ita Ratnasari Berbagi Tips Semangat Kerja Pasca Libur Panjang

administrators 29 April 2023 13:30:21 68

Usai libur panjang lebaran, beberapa orang mungkin akan merasakan kesulitan untuk kembali produktif bekerja. Oleh karenanya, kebiasaan selama libur lebaran harus kembali disesuaikan dengan ritme saat kembali bekerja. Salah satu kunci produktif setelah libur lebaran adalah dengan memulai dengan hal-hal yang kecil dan jangan mengubah kebiasaan dengan drastis kemudian memaksa melakukan banyak hal dalam sehari. 

Demikian disampaikan oleh Ita Ratnasari (pengelola database Museum Benteng Vredeburg) dalam kesempatan apel pada hari Kamis (27/4/2023) di halaman Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta. Apel ini merupakan apel perdana seusai libur lebaran Idul Fitri. Apel ini diikuti oleh seluruh karyawan-karyawati Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta.  

Tips berikutnya, menurut Ita, yakni dengan membuat daftar pekerjaan atau to-do list. Daftar pekerjaan ini akan membantu untuk mengingat apa saja yang harus dikerjakan dan diselesaikan, sehingga akan cenderung menghindari distraksi dan perasaan malas bekerja. 

Tips selanjutnya, yakni dengan datang ke kantor lebih pagi saat kerja. Dengan datang lebih pagi, kita akan lebih siap bekerja tanpa harus terburu-buru dan tampak kelelahan. Selain itu datang lebih awal memberikan waktu untuk bersantai terlebih dahulu, sehingga lebih cepat untuk kembali bisa fokus bekerja.

“Yang pasti jangan sampai datang terlambat karena mengakibatkan rasa tidak bersemangat dan kehilangan fokus saat bekerja”, tandas Ita. 

Tips terakhir yang menurut Ita bisa menjadi cara jitu untuk kembali produktif setelah libur lebaran yakni dengan merapikan meja kerja karena kebersihan lingkungan kerja bisa mempengaruhi semangat dan fokus kerja. 

“Untuk membuat suasana kerja lebih menyenangkan, bisa di coba dengan memberikan dekorasi baru pada meja kerja masing-masing”, pungkas Ita. 

Penulis: Lilik Purwanti (Pamong Budaya Ahli Pertama Unit Utama Museum dan Cagar Budaya)



Bagaimana informasi yang disediakan website ini?
   

Bagaimana informasi yang disediakan website ini?





Stie Banten
Ulas Toko