Resensi Buku “Diplomat Legendaris Indonesia: From Tomohon to New York”

administrators 20 April 2021 10:12:09 287

Di dalam buku "Diplomat Legendaris Indonesia: From Tomohon to New York" menjelaskan secara detail tentang Lambertus Nicodemus Palar. Dalam historiografi Indonesia, L.N. Palar sangat jarang ditulis dan tidak banyak diketahui oleh masyarakat Indonesia. Walaupun Judie Jeffry Turambi, sang penulis buku tidak mempunyai latar belakang keilmuwan sejarah tetapi tulisannya mampu menyajikan cerita sejarah yang kronologis dan cukup menarik untuk dibaca.

L.N. Palar adalah seorang diplomat yang berintegritas, berintelektual tinggi dan rendah hati. Negarawan dengan indentitas Indonesia yang kuat dan kosisten tidak kenal lelah dalam memperjuangkan Indonesia di forum internasional dan Perserikatan Bangsa Bangsa. Diterimanya Indonesia di Perserikatan Bangsa Bangsa secara de jure dan de facto adalah sebuah bukti bahwa, perjuangan diplomasi Indonesia dimana peran L.N. Palar menjadikan Indonesia bisa diterima tanpa memihak blok barat atau blok timur.

L.N. Palar menjadi Duta Besar Republik Indonesia pertama di Perserikatan Bangsa-Bangsa, Duta Besar di India merangkap Afghanistan, Duta Besar di Uni Soviet merangkap Jerman Barat, Duta Besar di Kanada, Duta Besar di Amerika Serikat.

"Berjuang di Rantauan", sebutan itu pantas disematkan pada L.N. Palar. Karena rekam jejaknya sebagai diplomat sangatlah panjang, dalam memperjuangkan Indonesia di dunia internasional dengan cara diplomasi.

Resensi buku

Judul “Diplomat Legendaris Indonesia: From Tomohon to New York"

Penulis : Judie J. Turambi, S.H.

Penerbit: Matapadi Presindo

Tempat terbit : Yogyakarta

Tahun Terbit : 2018

Koleksi Perpustakaan Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta

Call number : 923.2 TUR d

 

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta sebagai institusi yang bergerak dibidang ilmu pengetahuan menyediakan fasilitas perpustakaan sebagai sumber pustaka bagi karyawan museum maupun masyarakat umum. Ruang perpustakaan menempati bangunan J (eks perkantoran).

Perpustakaan Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta dapat dikunjungi pada hari kerja dengan menyesuaikan jam operasional kantor dengan berbagai fasilitas, diantaranya:

- Katalog buku Online yang dapat diakses di https://libsys-online.xyz/museum-vredeburg/opac/

- Buku-Buku yang tidak hanya bisa dibaca ditempat, namun juga bisa dipinjam oleh pengunjung.

- Komputer dan Wifi

- Ruang Baca yang representatif dan dilengkapi dengan AC dan penerangan yang cukup

- Loker Penyimpanan Tas bagi Pengunjung



Bagaimana informasi yang disediakan website ini?
   

Bagaimana informasi yang disediakan website ini?