“Sinergi Museum dan Komunitas” Talkshow yang Dikemas dalam Obrolan Kopi Joss

administrators 29 Juni 2021 14:06:05 33


Pengertian Museum menurut ICOM (International Council of Museum ) adalah sebuah lembaga yang bersifat tetap, tidak mencari keuntungan dalam melayani masyarakat, terbuka untuk umum, memperoleh, mengawetkan mengkomunikasikan dan memamerkan barang-barang pembuktian manusia dan lingkungan untuk tujuan pendidikan, pengkajian dan hiburan. Sesuai dengan definisinya, museum memiliki arti penting bagi bangsa dan negara, tetapi belum banyak masyarakat yang memiliki pemahaman yang sama. Oleh karena itu Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta terus berupaya mendekatkan diri dan melibatkan masyarakat dalam berbagai program kegiatannya.

Masyarakat (dalam hal ini komunitas) diharapkan akan menjadi agen-agen penyambung antara museum ke masyarakat yang lebih luas. Program yang dipilih oleh museum juga beragam dan inovatif, Program talk show televisipun dikemas dalam obrolan non formal melalui program “Kopi Joss JogjaTV” yang disiarkan pada Sabtu (26/06/2021) melalui siaran tunda.

Menghadirkan narasumber Dhimas Tedjo seniman muda nan tampan yang terkenal dengan lagu campursari dan memiliki banyak penggemar dari yang tua bahkan menjangkau generasi milenial. Kiprah komunitas dalam turut serta memajukan museum dan potensi museum dimata komunitas dikupas tuntas dalam acara yang lebih banyak candaannya ini. Dhimas Tedjo tak sendiri, tiga pelawak Kopi Joss (Yanti Lemoe, Aga Joss, dan Dewi Hulala) mengemas informasi edukasi museum menjadi obrolan santai dan bermanfaat. Tentunya informasi tentang Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta disampaikan oleh Suharja selaku Kepala Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta.

Kondisi pandemi belum bersahabat, pelaksanaan kegiatan harus mengedepankan protokol keselamatan, meskipun dilakukan dalam jumlah terbatas, semua wajib bermasker selama kegiatan. Dikarenakan stasiun televisi JogjaTV merupakan stasiun televisi lokal dan lingkup siaran terbatas dan menggunakan bahasa lokal (Bahasa Jawa), tetapi hasil rekaman akan diunggah pada kanal Youtube Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta dengan subtitle bahasa Indonesia.

 



Bagaimana informasi yang disediakan website ini?
   

Bagaimana informasi yang disediakan website ini?