Rutin Melakukan Perawatan pada Koleksi Lukisan Mampu Memperpanjang Usia

administrators 05 Agustus 2022 11:04:03 116

 

Menurut kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Lukisan adalah gambaran yang indah atau cerita atau uraian yang melukiskan sesuatu (hal, kejadian, dan sebagainya).

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta memiliki sejumlah koleksi lukisan yang tersimpan di storage. Ruang Storage K merupakan tempat menyimpan foto-foto maupun lukisan bersejarah, untuk menjaga kelestarian koleksi lukisan yang disimpan tersebut agar tidak mudah rusak, maka secara rutin dilakukan pembersihan pada setiap lukisan.

Adapun cara membersihkan lukisan, yaitu lukisan yang berdebu pada bagian depan yang terdapat gambar diseka menggunakan kuas dari atas ke bawah, kemudian lap bagian pigura menggunakan kain yang sudah di semprotkan produk pembersih/furniture polish (pembersih mebel). Kemudian, bagian belakang lukisan juga dibersihkan menggunakan kuas yang di seka dari atas ke bawah. Tak lupa tetap menerapkan SOP pemeliharaan dengan menggunakan sarung tangan dan masker saat melakukan pembersihan lukisan.

Tujuan pembersih ini untuk mencegah kerusakan dan membersihkan debu yang menempel pada lukisan dan mencegah timbulnya penyakit, hal ini salah satu upaya memperpanjang usia koleksi. Pembersihan ini dilakukan di ruang storage K oleh petugas yang menangani di bagian konservator (yang bertanggung jawab atas keselamatan koleksi). Kegiatan ini dapat dilakukan kapan saja. Setelah lukisan selesai dibersihkan, lukisan di simpan kembali ke dalam ruang storage K. Untuk menjaga kelembaban suhu ruang penyimpanan, juga diperlukan dehumidifier.

Penulis : Vanesa Elfita Kumala

Sekolah : SMKN 7 Yogyakarta

Editor : Ita Ratnasari



Bagaimana informasi yang disediakan website ini?
   

Bagaimana informasi yang disediakan website ini?