Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta New Normal “Berwisata Sejarah dengan suasana baru”

administrators 18 Agustus 2020 08:52:20 224

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta sudah kembali dibuka mulai dari 28 Juli 2020, Kegiatan pariwisata di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta juga sudah kembali normal. Aktivitas yang dilakukan pada museum Benteng Vredeburg Yogyakarta sudah kembali seperti biasa Tetapi kegiatan yang dilakukan harus sesuai dengan prosedur kesehatan atau Protokol kesehatan yang telah ditentukan oleh pemerintah DIY. Semua petugas Museum menggunakan APD seperti masker dan sarung tangan, jika ada wisatawan yang berkunjung sebelum masuk akan di cek suhu tubunya, wisatawan yang berkunjung wajib menggunakan masker, sebelum memasuki area Museum Benteng Vredeburg wisatawan harus melakukan scan barkode sebelum masuk ke area Museum Benteng Vredeburg, agar wisatawan yang berkunjung terdaftar karena untuk sementara wisatawan yang berkunjung ke Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta dibatasi hingga jangka waktu tertentu dan kondisi memungkinkan. Himbauan protokol kesehatan dan tempat cuci tangan sudah tersedia di beberapa sudut Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta.

  

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta merupakan bangunan sejarah masa kolonial Belanda, yang mencerminkan perjuangan dan kemampuan bangsa Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan. Untuk kalian yang belum tau, Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta awalnya merupakan bangunan peninggalan masa kolonial Belanda. Benteng Vredeburg telah berdiri sejak tahun 1960, dibangun atas permintaan Belanda dengan tujuan untuk menjaga keselamatan Sultan Hamengkubuwono I dan istananya. Benteng Vredeburg berarti benteng perdamaian, awalnya bernama Rustenburg yang berarti benteng peristirahatan.


Vredeburg di tetapkan sebagai Benda Cagar Budaya (BCB) berdasarkan ketetapan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan RI. Hingga saat ini bangunan bersejarah ini masih sangat terawat dan semua koleksinya dirawat dengan baik, saat ini Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta dibuka untuk umum. Wisatawan yang  berkunjung akan dibuat kagum dengan sejarah yang masih melekat erat dengan bangunan Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta yang masih ada hingga masa sekarang.

(Pristisa Juniarta Mahasiswa STP AMPTA)



Bagaimana informasi yang disediakan website ini?
   

Bagaimana informasi yang disediakan website ini?