Eksplorasi Sejarah : Nikmati Fasilitas Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta Dengan Tiket Terjangkau!

administrators 01 Maret 2024 14:10:53 3349


Yogyakarta, sebuah kota yang kaya akan sejarah dan warisan budaya, menyuguhkan pengalaman wisata yang tak terlupakan bagi para pengunjungnya. Salah satu destinasi yang menawarkan perjalanan melintasi jejak sejarah adalah Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta. Dengan tiket masuk yang terjangkau, pengunjung dapat menikmati eksplorasi mendalam tentang sejarah Indonesia sekaligus mengagumi bangunan benteng peninggalan kolonial Belanda yang mengesankan. Museum ini juga menampilkan koleksi artefak, foto, dan dokumentasi yang menggambarkan perjuangan bangsa Indonesia dalam merebut kemerdekaannya. 

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta merupakan saksi bisu dari berbagai peristiwa penting dalam sejarah Indonesia, terutama yang berkaitan dengan perjuangan kemerdekaan. Bangunan ini merupakan bekas benteng Belanda yang dibangun pada abad ke- 18 dan masih berdiri kokoh hingga saat ini, terletak di jantung kota Yogyakarta, harga tiket terjangkau, banyak koleksi yang tidak ditemukan di tempat lain, serta dilengkapi fasilitas yang memadai, hal-hal tersebut menjadi kekuatan yang dimiliki oleh Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta.

Selain bangunan, salah satu daya tarik museum ini adalah harga tiket masuk yang sangat terjangkau. Dengan hanya membayar Rp 1.000 – 3.000, pengunjung bisa memasuki museum dan mengeksplorasi berbagai koleksi yang disediakan oleh museum yang menggambarkan perjalanan panjang perjuangan bangsa Indonesia. Dari mulai koleksi senjata, pakaian, hingga replika ruangan tahanan, pengunjung dapat merasakan secara langsung atmosfer sejarah yang terdapat di dalam museum. 

“Kalau rombongan diatas 20 orang, rombongan anak-anak mulai dari usia TK sampai SMP itu Rp 1. 000. Kalau rombongan dewasa, mulai dari usia SMA sampai umum itu Rp 2. 000. Kalau individu anak-anak, usia TK sampai SMP berarti Rp 2000. Kalau individu dewasa mulai dari SMA sampai umum Rp. 3000”, ucap Andi Arif Adi Pegawai Bidang Layanan Edukasi 

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta juga menyediakan layanan gratis bagi anak-anak yang belum mencapai usia Taman Kanak-Kanak (TK), yang biasanya dimulai pada usia 4 tahun. Artinya, mulai dari usia 0 hingga 4 tahun, anak-anak dapat menikmati fasilitas museum ini tanpa dikenakan biaya. Namun, begitu mereka mencapai usia TK, berlaku kebijakan pembayaran tiket masuk. Hal ini memberikan kesempatan bagi orang tua untuk membawa anak-anak mereka menjelajahi sejarah dan budaya di museum tersebut tanpa harus khawatir tentang biaya masuk.

“Kalau ada anak yang belum masuk usia TK batasnya dari 0 - 4 tahun itu masih gratis, tapi kalau sudah masuk usia TK berarti sudah dikenakan biaya”, ucap Andi Arif Adi 

Selain itu, museum ini juga menyediakan program edukasi yang beragam, seperti tour guide yang dipandu oleh edukator yang dapat meningkatkan pengalaman pengunjung dalam memahami setiap artefak dan cerita dibaliknya, serta pameran sementara yang menarik bagi pengunjung dari semua kalangan. Museum ini tidak hanya menjadi tempat untuk menikmati koleksi-koleksi bersejarah, tetapi juga sebagai pusat pembelajaran dan apresiasi terhadap warisan budaya Indonesia.

Dengan demikian, tidak mengherankan jika Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi mereka yang ingin mengeksplorasi sejarah Indonesia tanpa perlu mengeluarkan biaya besar. Dengan tiket masuk yang terjangkau, pengalaman berharga ini dapat dinikmati oleh siapa saja, dari wisatawan lokal hingga internasional, yang ingin memahami lebih dalam tentang perjuangan dan warisan bangsa Indonesia.


Penulis : Novia

Mahasiswi Magang Divisi Publikasi dan Promosi

UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto 


Editor: Andi Arif



Bagaimana informasi yang disediakan website ini?
   

Bagaimana informasi yang disediakan website ini?