Testimoni MagangPKL di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta

administrators 24 Agustus 2022 09:28:43 204

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta mempunyai visi Museum sebagai wahana penguatan pendidikan karakter generasi muda melalui pelayanan prima dan berintegritas. Dalam pengelolaannya museum yang berada dibawah naungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi ini selalu mengedepankan pelayanan prima bagi masyarakat (baik pelajar, mahasiswa, instansi, komunitas dan masyarakat umum lainnya).

Pelayanan museum tak hanya melayani tamu kunjungan museum saja, tetapi tamu kedinasan, fasilitasi komunitas yang berkegiatan, juga termasuk pelajar/mahasiswa yang melakukan magang atau penelitian.

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta terus meningkatkan kualitas pelayanannya, pelayanan magang/PKL/penelitian terbuka bagi pelajar SMK (SMA sederajat) dan mahasiswa universitas. Untuk optimalisasi waktu dan agar tepat sasaran maksud dan tujuan calon magang dengan kebutuhan di museum, museum menyediakan form pendaftaran yang bisa diakses dari mana saja. Bisa diakses melalui laman https://layanan.vredeburg.id/ atau bisa dari laman https://vredeburg.id/ menu “MAGANG PINTER” pojok kanan atas.

Tersedia beberapa bidang yang diminati dan disesuaikan dengan akdemis calon magang, diantaranya Preparasi, Kurasi, Administrasi, Edukasi, Dokumentasi, Perpustakaan, Publikasi dan Promosi, serta Konservasi.

Di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta sudah banyak melayani pelajar SMK dan mahasiswa universitas yang magang/PKL setiap tahunnya. Pihak Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta selalu menyambut baik bagi pelajar/mahasiswa yang hendak menimba ilmu permuseuman.

Salah satunya, seorang pelajar SMK Negeri 7 Yogyakarta berinisial Aiiyeuu yang memilih dibidang konservasi berkata, "Rasanya seneng sii bisa dikasi kesempatan buat pkl disini, first impression waktu magang kukira semua bagian bisa kita ambil kaya ditempat lain gitu ternyata emang di kerucut lagi bidangnya. Masyaallah banget sii masuk konservasi, yang jelas banyak banget belajar terutama pelajaran yang ngga didapetin di sekolah. Tentunya seperti bagaimana melakukan perawatan patung yang benar, memilih bahan yang sesuai untuk konservasi dan cara perawatannya yang disesuaikan dengan jenis patung itu sendiri. Dari segi keamanan sampai kenyamanan okee banget siii, tapi kalo mau di upgrade lagi juga lebih baik. Tim konservasi juga baik banget, enggak yang senior junior tapi kayak sama temen sendiri. bahkan disini aku bisa menentukan juga nanti kuliah mau ambil apa setelah ngobrol sama mba-mba disana. Enggak expert banget bakal dapet tim yang ramah, selalu ngasih info tentang hal konservasi, bahkan sering bercanda-bercanda, yang kata orang dunia kerja itu keras, kalo pkl doang pasti atasannya pada serem nyatanya enggak juga”.

“Alhamdulillah banget masih ngerasain kekeluargaan didunia kerja. Asal kitanya baik ke semua orang, pasti timbal baliknya orang juga bakalan baik sama kita” Pungkasnya.

Pengalaman lainnya dari STP AMPTA YOGYAKARTA, yakni Tanti Ratna yang memilih dibidang edukasi, "Magang di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, Fleksibel, teman kerja yang ramah, dirangkul oleh senior, tidak di beda-bedakan." Tuturnya. Serta Reyna Putri dari STP AMPTA YOGYAKARTA dibidang edukasi juga berkata "Teman-temannya ramah, baik-baik, terus nek ono pertanyaan dijawab dengan sabar."

Jika kalian tertarik untuk magang disini, kalian bisa langsung saja akses website/link, yaitu http://layanan.vredeburg.id, lalu pilih bidang yang diinginkan kalian, kemudian isi identitas serta berapa lama waktu magangnya dan jangan lupa menyerahkan surat permohonan dari sekolah / universitas dalam bentuk file pdf. Setelah disubmit, kalian harus menunggu kurang lebih tiga hari sampai pihak Vredeburg menghubungi kalian melalui email maupun nomor telepon. Syarat dan ketentuan, kalian bisa langsung baca di link tersebut sesuai bidang yang diinginkan.

Nikmatilah layanan dan fasilitas yang ada di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta secara gratis bagi yang berminat untuk magang/PKL disini. Yuk, buruan daftarkan diri kalian.

 

Penulis : Vanesa Elfita Kumala (PKL SMKN7 Yogyakarta)

Editor  : Ita Ratnasari



Bagaimana informasi yang disediakan website ini?
   

Bagaimana informasi yang disediakan website ini?