Kunjungan SMP NEGERI 1 Depok, Sleman Yogyakarta. Dalam rangka Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta

administrators 21 Juli 2023 14:05:28 361


118 Siswa-siswi SMP Negeri 1 Depok, Sleman Yogyakarta yang berkunjung ke Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta dengan tujuan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), Selasa lalu (11/7/2023).


Pada umumnya, kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah atau yang singkat dengan (MPLS) ini biasanya di lakukan hanya di dalam lingkungan sekolah. Karena kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan seluruh isi lingkup sekolah kepada siswa/siswi baru. Pengenalan lingkungan yang di beritahukan biasanya seperti dari, tata letak ruang guru, ruang kepala sekolah, perpustakaan, taman belajar dan lain sebagainya. Di sisi lain kegiatan MPLS ini di lakukan agar, setiap siswa/siswa baru yang telah diterima di sebuah sekolah itu, bisa memahami dan mengerti lebih luas mengenai, kedisplinan, etika, kesopanan, dan peraturan norma-norma yang berlaku di sekolah.


Namun, dalam kunjungan ini, seharusnya kegiatan MPLS di lakukan di dalam lingkungan sekolah, tetapi para siswa/siswi SMP N 1 Depok, diajak untuk menyisihkan waktu mereka melakukan kegiatan MPLS di luar dari lingkunagn sekolah. Maka salah satu tempat yang mereka pilih untuk melakukan kegiatan MPLS yaitu di Museum. Selain itu, kunjungan mereka ke tempat ini (Museum) tentunya banyak hal yang dapat mereka ketahui dan pelajari tentang perjuangan para pahlawan Indonesia, bahkan uniknya lagi mereka dapat melihat barang-barang koleksi yang masih terjaga rapih dan bersih di dalam halaman dan bangunan museum.


Selain itu, siswa-siswi yang berkunjung sangat menikmati dengan suasana pelayanan yang ada di dalam museum. Karena dari pelayanan yang diberikan dari petugas kepada pengunjung maupun siswa/siswi MPLS yang dirasakan sangat memuaskan. Di sela-sela kegiatan, mereka sangat merasa nyaman, dan bahagia. Karena ketersediaan fasilitas yang memadai dari perawatan bangunan, kebersihan, kenyamanan, dan ketertiban dalam nilai pelayanan yang dijunjung tinggi. Dari berbagai sisi yang pelayanan yang diberikan seperti, Pengaman, kepemanduan, dan pelayanan lainnya.

 

Penulis: Dafri Weya (Mahasiswa magang Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta)

 

 



Bagaimana informasi yang disediakan website ini?
   

Bagaimana informasi yang disediakan website ini?