Resensi Buku “Raja di Negara Republik – Kehidupan Sultan Hamengku Buwono IX dari Yogyakarta”

administrators 12 April 2021 12:06:03 262


John Monfries dalam buku ini sangat detail mengeskplorasi kehidupan Sultan Hamengku Buwono IX yang sangat mempengaruhi politik Indonesia selama setengah abad. Banyak cerita menarik tentang kehidupan pribadi Sultan Hamengku Buwono IX yang jarang terekspos dituliskan dibuku biografi ini. Sultan Hamengku Buwono IX termasuk tokoh yang kehidupan pribadinya sangat jarang terekspos.

Raja di Negara Republik: Kehidupan Sultan Hamengku Buwono IX dari Yogyakarta, buku ini memperlihatkan pada kita #sahabatmuseum sosok Sultan Hamengku Buwono IX sebagai seorang negarawan. Buku ini menjelaskan sudut pandang, motivasi dan pencapaian politik Sultan Hamengku Buwono IX.

Buku ini ditulis dengan menggunakan sumber dari arsip Australia, Belanda, Indonesia, dan Amerika Serikat. Penulis juga menggunakan sumber lisan dengan mewawancarai orang-orang yang mengenal secara dekat Sultan Hamengku Buwono IX.

Sultan Hamengku Buwono IX sempat mendapatkan tawaran dari Belanda untuk bergabung ke koloninya, tapi beliau menunjukkan dukungan yang total kepada Republik Indonesia yang kemerdekaanya diproklamasikan oleh Sukarno pada tanggal 17 Agustus 1945.

Maka sebutan Raja berjiwa Republikan pantas disematkan kepada Sultan Hamengku Buwono IX, karena walaupun beliau seorang bangsawan tapi jiwa nasionalismenya kepada Republik Indonesia sangatlah kuat.

 

Resensi buku

Judul “Raja di Negara Republik – Kehidupan Sultan Hamengku Buwono IX dari Yogyakarta”

Penulis : John Monsfries

Penerbit: Biography

Tempat terbit : Yogyakarta

Tahun Terbit : 2018

Koleksi Perpustakaan Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta

Call number : 923.159.827.MON r

 

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta sebagai institusi yang bergerak dibidang ilmu pengetahuan menyediakan fasilitas perpustakaan sebagai sumber pustaka bagi karyawan museum maupun masyarakat umum. Ruang perpustakaan menempati bangunan J (eks perkantoran).

 

Perpustakaan Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta dapat dikunjungi pada hari kerja dengan menyesuaikan jam operasional kantor dengan berbagai fasilitas, diantaranya:

 

- Katalog buku Online yang dapat diakses di https://libsys-online.xyz/museum-vredeburg/opac/

- Buku-Buku yang tidak hanya bisa dibaca ditempat, namun juga bisa dipinjam oleh pengunjung.

- Komputer dan Wifi

- Ruang Baca yang representatif dan dilengkapi dengan AC dan penerangan yang cukup

- Loker Penyimpanan Tas bagi Pengunjung



Bagaimana informasi yang disediakan website ini?
   

Bagaimana informasi yang disediakan website ini?