13 Volunteer Terpilih, Siap Sukseskan Vredeburg Fair 2023

administrators 20 September 2023 12:33:16 218

Upaya serius Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta untuk mendekatkan generasi muda dengan museum, semakin hari kian membuahkan hasil. Terbukti dari tingginya animo anak-anak muda untuk bergabung sebagai volunteer dalam kegiatan Vredeburg Fair 2023. Sampai dengan ditutupnya rekrutmen volunteer pada Senin (11/9/2023), terdapat sejumlah 281 pendaftar yang berasal dari berbagai Universitas di Yogyakarta. Dari sejumlah pendaftar tersebut, kemudian dilakukan serangkaian seleksi hingga terpenuhi jumlah volunteer yang dibutuhkan yakni 13 orang. Para volunteer terpilih, kemudian diumumkan pada Jumat (15/9/2023) di laman instagram Museum Benteng Vredeburg.

Sebelumnya, Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta melalui laman instagramnya mengumumkan penerimaan volunteer dalam kegiatan Vredeburg Fair untuk bertugas dalam seksi pameran dan seksi dokumentasi. Tercatat pendaftar berjumlah 281 orang, yang terbagi dalam 231 pendaftar volunteer seksi pameran dan 50 pendaftar volunteer seksi dokumentasi.    Seleksi dilakukan dalam dua tahap, yakni seleksi berkas dan seleksi wawancara. Dari seleksi berkas, diambil 50 calon volunteer pameran dan 15 calon volunteer dokumentasi. Kemudian dilakukan seleksi wawancara hingga akhirnya terpilih 13 volunteer yang terdiri dari 9 volunteer pameran dan 4 volunteer dokumentasi. 

Menurut Andi Arif Adi Mulya, Edukator Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta yang juga menjadi tim seleksi volunteer mengungkapkan bahwa untuk seleksi berkas, dilakukan dalam 3 aspek yang meliputi angkatan kuliah (semester 7 ke atas atau fresh graduate; jurusan kuliah; serta pengalaman). Sedangkan dalam sesi wawancara, penilaian meliputi 3 aspek, yakni public speaking; kepercayaan diri; serta pengetahuan sejarah. 

Sebagai informasi, Vredeburg Fair 2023 merupakan event unggulan Badan Layanan Umum (BLU-MCB) unit Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta yang berlangsung selama 2 bulan, mulai 20 September 2023. Vredeburg Fair ini menghadirkan pameran museum dan komunitas, yang didukung dengan kemeriahan panggung hiburan. Dalam perhelatan akbar ini, keberadaan volunteer amat besar peranannya untuk membantu mensukseskan acara. Sedangkan bagi volunteer, pengalaman ini dapat menjadi bekal sebelum memulai karir, memperluas relasi sosial, mengembangkan kemampuan kerjasama dalam tim, serta mengembangkan keterampilan teknis.  

Penulis : Lilik Purwanti (Pamong Budaya Ahli Pertama Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta)



Bagaimana informasi yang disediakan website ini?
   

Bagaimana informasi yang disediakan website ini?