Strategi Interaktifitas Museum: Meninjau Fasilitas Museum untuk Meningkatkan dan Menggali Respons Pengunjung

administrators 13 Februari 2024 08:23:35 320


Perkembangan pariwisata Indonesia yang terus mengalami kemajuan di zaman sekarang  ini, membuat rating atau ulasan atau penilaian menjadi salah satu elemen penting untuk diperhatikan, tidak hanya untuk wisatawan tetapi juga pengelola tempat wisata. Di era dimana berwisata menjadi kebutuhan sekunder yang dilakukan secara berkala oleh sebagian masyarakat, melihat dan membaca ulasan tempat wisata sebelum berkunjung menjadi syarat wajib. 

Hal sederhana namun dibutuhkan, kebiasaan melihat rating tempat wisata sebelum berkunjung ternyata dapat menghindari potensi kekecewaan. Penilaian kepuasan terhadap tempat wisata bisa menjadi standar ekspektasi mereka sebelum melakukan kunjungan. Pendapat dan komentar tentang tempat wisata dapat mempengaruhi keputusan wisatawan akan berkunjung atau tidak. 

Sementara itu, penilaian atau ulasan wisatawan juga punya pengaruh besar bagi pengelola tempat wisata. Keberlanjutan tempat wisata sangat bisa dipengaruhi oleh rating dan ulasan wisatawan. Melalui ulasan atau penilaian pengunjung, pengelola tempat wisata dapat mengetahui dan menilai kebutuhan mereka selama melakukan kunjungan. Dengan demikian, respon pengembangan wahana dan sarana penunjang di tempat wisata dapat dilakukan berlandaskan pada kebutuhan pengunjung.

Apalagi sekarang ini, ketika media sosial menjadi corong bebas wisatawan memberikan komentar jujur mereka terhadap tempat wisata, ulasan atau penilaian bisa menjadi momok menakutkan untuk pengelola tempat wisata. Rating terhadap tempat wisata yang dapat dilihat terbuka oleh masyarakat, dapat mempengaruhi eksistensi dan daya tariknya kepada masyarakat. Rating baik dan buruk, sangat berpengaruh pada tingkat kunjungan mereka. Oleh karena itu, untuk tetap menjaga eksistensi tempat wisata, pengelolanya perlu menciptakan lingkungan yang baik sesuai dengan kebutuhan pengunjung.

Museum Benteng Vredeburg, sebagai salah satu tempat wisata favorit di Yogyakarta, terus berupaya melakukan pengembangan sesuai dengan kebutuhan pengunjung. Keterlibatan pengunjung dalam penilaian museum semakin ditingkatkan dengan penyediaan sarana ulasan dan penilaian. Tidak hanya berfokus pada media sosial, Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta menyediakan beberapa sarana penilaian untuk pengunjung di area museum.

Sejak tahun 2015, Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta meningkatkan fasilitas penilaian dan ulasan pengunjung. Ada beberapa sarana yang disediakan, seperti kotak ulasan; layar kritik saran; dan survei kepuasan pengunjung. Keberadaan sarana ulasan dan penilaian ini dapat ditemukan pengunjung di setiap ruang pamer diorama museum. Penempatan ini dilakukan untuk memudahkan pengunjung memberikan penilaiannya terhadap koleksi dan prasarana museum.

Setiap media ulasan punya keunikan dan keunggalan berbeda. Kotak ulasan pengunjung dapat ditemukan di Ruang Pamer Diorama 2. Kotak ulasan ini punya desain kotak dan warna merah seperti kotak pos zaman dulu yang sangat mudah terlihat oleh mata. Kotak ulasan ini memberikan pengalaman kepada pengunjung seperti mengirimkan surat lewat kotak pos. Di kotak ulasan ini, pengunjung dapat menuliskan kesan dan pesan mereka secara manual. Disediakan lembar ulasan untuk menuliskan tanggapan baik dan saran mereka kepada museum. 

Kemudian pengunjung dapat memberikan masukan pada museum di layar kritik dan saran di Ruang Pamer Diorama 3. Di sini pengunjung dapat memberikan kritik dan sarannya tanpa harus menulis manual. Seperti menulis pesan dari penggemar kepada idola, layar kritik dan saran ini banyak dimanfaatkan oleh pengunjung-pengunjung muda. 

Terakhir, wisatawan dapat memberikan penilaian mereka terhadap museum lewat survei kepuasan pengunjung. Survei ini berada di Unit Layanan Museum (ULM), lorong antara Diorama 2 dan 3, pintu keluar Diorama 3, dan pintu keluar Diorama 4. Letaknya di beberapa titik ini memudahkan pengunjung untuk memberikan penilaian mereka tanpa harus pergi ke kotak ulasan atau layar kritik dan saran. Di survei kepuasan ini, pengunjung diberikan pertanyaan-pertanyaan terkait layanan dan prasarana museum yang bisa dinilai dengan skala kepuasan. 

Sarana ulasan dan penilaian ini bukan hanya sekadar wadah untuk umpan balik pengunjung, melainkan fondasi penting dalam pengelolaan Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta. Keberadaannya menciptakan saluran komunikasi langsung antara Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta dan pengunjung, memungkinkan pertukaran pandangan yang konstruktif antara penyedia dan pengguna jasa layanan. Melalui sarana ulasan dan penilaian, pengunjung diberikan pengalaman untuk ikut merawat museum.

Komunikasi ini membawa banyak manfaat. Pertama, museum dapat merespon secara cepat permasalahan dan kebutuhan pengunjung. Kedua, melalui media ulasan dan penilaian, museum dapat menggali perspektif unik dan keinginan dari pengunjung. Hal ini berguna untuk memberikan data yang dapat mengarahkan pengembangan museum agar sesuai dengan keinginan pengunjung. Dengan terus menerima dan merespon umpan balik, Museum Benteng Vredeburg dapat membangun hubungan yang kuat dengan pengunjung, menciptakan suasana ramah, dan memastikan eksistensi museum tetap relevan dalam industri pariwisata yang sesuai dengan keinginan masyarakat.

Tanpa disadari, dengan memberikan ulasan dan penilaian, pengunjung ikut berperan dalam pengembangan museum. Melalui kehadiran mereka, museum dapat mengukur minat dan respons terhadap apa yang disajikan. Meskipun tanpa media tulis kesan pesan dan kritik saran langsung, partisipasi pengunjung menjadi indikator penting untuk mengevaluasi daya tarik dan efektivitas penyajian informasi di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta. Dengan demikian, media ulasan dan penilaian menjadi sangat penting untuk menjaga agar museum tetap relevan dan memberikan pengalaman berkualitas bagi para pengunjung.


Novia

Mahasiswi Magang Divisi Publikasi dan Promosi 

UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto


Editor : Noibenia Gendrit



Bagaimana informasi yang disediakan website ini?
   

Bagaimana informasi yang disediakan website ini?