Menilik Lebih Dalam Arsitektur Museum Perjuangan Yogyakarta

administrators 01 November 2023 11:34:59 535

Museum Perjuangan Yogyakarta merupakan bangunan unit ke-II dari Museum Benteng Vredeburg. Museum yang terletak di Jalan Kolonel Soegiyono No. 24 Yogyakarta ini didirikan sebagai pengingat peristiwa penting yaitu peringatan setengah abad kebangkitan nasional pada 1958 dan diprakarsai oleh Sri Sultan Hamengku Buwono IX.

 

Namun, terdapat hal unik dari bangunan Museum Perjuangan Yogyakarta. Museum ini memiliki gedung yang disebut “Round Temple” atau bulat silinder dengan tinggi 17 meter. Bangunan museum ini merupakan perpaduan dari model barat dan timur. Bentuk bangunan bagian atas mirip dengan bangunan kekaisaran Romawi dan di bagian bawah bangunan digunakan model candi-candi Indonesia. Pada sisi dinding luar juga terdapat koleksi yaitu relief peristiwa-peristiwa penting dari berdirinya Budi Utomo 1908 sampai terbentuknya Republik Indonesia Serikat 1949. 

 

Selain itu, terdapat makara berbentuk binatang laut di kanan dan kiri pintu masuk, dan topi baja model Amerika di atap bangunan dihiasi dengan lima buah bambu runcing yang berdiri tegak di atas bulatan bola dunia yang terletak di atas lima trap.

 

Bangunan yang selesai dibangun pada 1961 ini juga memiliki hiasan berbentuk bintang bersudut delapan di bagian atas pintu masuk museum yang di tengah-tengahnya terdapat peta kepulauan Indonesia. Di bagian bawahnya terdapat candrasengkala karya RM. Kawindro Susanto yang berbunyi "Anggatra Pirantining Kusuma Nagara” yang artinya tahun dimulainya pembangunan Museum Perjuangan Yogyakarta, 1959.

 

Bentuk Museum Perjuangan Yogyakarta secara keseluruhan menggambarkan bahwa kemerdekaan Indonesia diperoleh melalui perjuangan rakyat Indonesia sendiri, bukan dari negara lain.

 

Referensi:

Guzali, Ali. (2022). Megahnya Arsitektir Museum Perjuangan Yogakarta. Diakses pada 11 Oktober 2023, dari https://budaya.jogjaprov.go.id/berita/detail/1076-megahnya-arsitektur-museum-perjuangan-yogyakarta

Sulistya, V. A., & Chusbianto, J. (2020). Buku Panduan Museum Perjuangan Yogyakarta. Repositori Institusi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

 

Penulis: Anindya Putri Mumpun


Penyunting : Ita Ratnasari



Bagaimana informasi yang disediakan website ini?
   

Bagaimana informasi yang disediakan website ini?