“Geliat Proklamasi dari Yogyakarta” Peringati HUT RI ke-76 Melalui Talkshow Radio

administrators 31 Agustus 2021 16:23:23 78


 

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta merupakan museum khusus sejarah perjuangan nasional di wilayah Yogyakarta. Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta memiliki koleksi realia, replika, lukisan, miniatur, dan lain-lain. Dari definisi serta koleksi yang ada, Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta dapat dijadikan sebagai sarana pendidikan dan wisata sejarah. Selain letaknya yang strategis dan berada di kawasan bangunan kolonial dipusat kota, tata pameran diorama sebagai visualisasi rangkuman peristiwa bersejarah menjadi unggulan daya tarik pengunjung museum.

Pada masa pendemi Covid-19 ini museum dituntut untuk tetap memberikan pelayanannya secara maksimal. Pembatasan masyarakat yang ketat tentunya tidak dapat menjadi alasan bagi museum untuk mengendorkan aktivitasnya. Melalui kegiatan Talkshow Radio ini Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta berupaya agar tetap mampu memberikan edukasi kepada segenap sahabat museum walaupun tanpa langsung mengunjungi museum.

Dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh”, Museum Benteng Vredeburg menyelenggarakan talkshow radio. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk edukasi yang diberikan oleh museum kepada masyarakat, terutama generasi muda sebagai generasi penerus masa depan bangsa. Talkshow radio akan diadakan di Radio Swaragama (Wisma Kagama, Kompleks Bulaksumur) pada hari Rabu, 25 Juni 2021 pukul 09.00 – 10.00 WIB. Pada kesempatan ini,narasumber akan berasal dari sejarawan Muda dan kalangan internal museum.

Dengan mengusung tema “Geliat Proklamasi dari Yogyakarta: Dukungan Hamengku Buwana IX hingga perebutan Kantor Harian Sinar Matahari” menghadirkan Heri Priyatmoko (Dosen Sejarah Universitas Sanata Dharma) dengan batasan materi rangkaian peristiwa proklamasi kemerdekaan secara umum di Indonesia dan kondisi khusus di Yogyakarta pra dan pasca proklamasi kemerdekaan RI, bagaimana memaknai peristiwa proklamasi kemerdekaan dan sikap pimpinan serta masyarakat Yogyakarta terkait peristiwa ini, dan sebagai Kaum Muda yang mempelajari sejarah nilai-nilai apa yang patut diteladani dari peristiwa proklamasi kemerdekaan. Dan M. Rosyid Ridlo, S.Pd., MA selaku Pamong Budaya Ahli Muda dari Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta dengan batasan materi visualisasi di Museum Benteng Vredeburg terkait rangkaian peristiwa proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia, nilai penting dari rangkaian peristiwa pasca kemerdekaan di Yogyakarta, dan pesan untuk generasi muda dalam rangka meneladani jasa-jasa pahlawan, terutama dikaitkan dengan proklamasi kemerdekaan.

 



Bagaimana informasi yang disediakan website ini?
   

Bagaimana informasi yang disediakan website ini?