Lima Hari Vredeburg Fair, Capai 8.127 Pengunjung

administrators 08 Agustus 2022 15:46:56 137


Vredeburg Fair, suatu event unggulan dari Museum Benteng Vredeburg yang terdiri dari pameran Museum dan Komunitas, yang berlangsung selama lima hari, 28-1 Agustus 2022 secara resmi ditutup pada Senin (1/8/2022) dengan total kunjungan fisik sejumlah 8.127 pengunjung. Angka kunjungan ini belum termasuk kunjungan non fisik yang tersebar dalam berbagai platform media sosial Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, seperti instagram, youtube, facebook, dan tiktok. Selama lima hari acara Vredeburg Fair berlangsung sangat meriah dengan didukung acara yang sangat menarik, seperti pentas seni, talkshow radio, detektif vredeburg, gema museum, talkshow radio, podcast vredeburg, workshop batik, workshop dongeng, workshop shibory, workshop cagar budaya, teatrikal sejarah, dan senam SKJ. Namun demikian, pelaksanaan Vredeburg Fair VIII ini berbeda dengan sebelumnya, dimana kunjungan hanya dibatasi sampai pukul 16.00, sementara pada Vredeburg Fair sebelumnya berlangsung hingga malam hari.

“Acara kami batasi sampai sore semata-mata agar tidak terjadi luapan pengunjung, mengingat Covid-9 yang belum benar-benar mereda”, ungkap Drs. Suharja, Kepala Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta dalam sambutannya pada acara Penutupan Vredeburg Fair 8. 

Lebih lanjut Drs. Suharja mengungkapkan terima kasih atas sambutan dan antusiasme dari sahabat komunitas dan museum. Ia berharap, dalam kesempatan Vredeburg Fair tahun berikutnya, tidak hanya diikuti oleh 32 komunitas seperti saat ini, namun diharapkan bisa menampung bahkan hingga 150 stand komunitas. Karena Museum sebagai ruang inklusi dan ruang pemajuan kebudayaan diharapkan bisa memberikan kesempatan yang sama kepada seluruh pemangku kepentingan.  

Kepala Museum optimis bahwa dengan semakin meningkatkan sinergi dan gotong royong seluruh ekosistem, maka kegiatan di museum akan lebih bagus. Museum juga akan senantiasa memperhatikan dan menggandeng UMKM dan pelaku budaya, mengingat museum menjadi wahana kesejahteraan bagi masyarakat. Dalam acara penutupan tersebut, Kepala Museum Benteng Vredeburg sekaligus melauching Vredeburg Fair ke-9 di tahun 2023. 

“Mohon ijin, untuk melanjutkan tradisi Vredeburg Fair ke-9 tahun depan, kami akan mengusung tema  ‘Satu Tetap Satu’”, pungkas Kepala Museum mengakhiri sesi sambutannya.

Sementara perwakilan komuitas yang diwakili oleh Bagus Priyana mengungkapkan bahwa Vredeburg Fair tahun 2022 ini membawa semangat dan suasana baru, setelah Vredeburg Fair sempat absen dua tahun akibat pandemi Covid 19. Ia mengungkapkan bahwa Vredeburg Fair mempunyai arti yang sangat besar bagi komunitas, karenanya ia berharap agar kedepannya pelaksanaan acara ini tidak hanya sampai sore, namun juga sampai malam sehingga bisa lebih banyak menyampaikan pesan-pesan kepada masyarakat.

Sedangkan perwakilan dari museum yang diwakili oleh Fathur dari Museum Kebangkitan Nasional mengungkapkan bahwa Vredeburg Fair ini menjadi ajang untuk memperluas jaringan serta memperkuat kerjasama dan kolaborasi. Ia berharap Vredeburg Fair tahun depan, berjalan semakin baik dan semakin banyak dikunjungi masyarakat. 


Penulis: Lilik Purwanti (Pamong Budaya Ahli Pertama Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta)





Bagaimana informasi yang disediakan website ini?
   

Bagaimana informasi yang disediakan website ini?