BLU Museum, Lilik Purwanti Usulkan “Celah Monetisasi Layanan Perpustakaan”

administrators 08 Agustus 2023 13:30:32 300

Fasilitas umum layanan Perpustakaan di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta semakin diakui keberadaannya oleh masyarakat, tak hanya pengunjung dari internal museum, namun lebih banyak masyarakat umum terutama mahasiswa yang menjadi anggota Perpustakaan Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta. Lebih dari 5.000 buku tersedia di Perpustakaan Museum, dengan menggunakan metode Dewey Decimal Classification dalam pengklasifikasiannya, koleksi buku yang tersedia terdiri dari buku sejarah, ilmu sosial, keagamaan, novel dan lainnya yang katalognya bisa diakses melalui Http://app-msi.com/libsys/museum-vredeburg2.0/opac/ .

Lilik Purwanti selaku Pamong Budaya Ahli Pertama yang juga sebagai Pustakawan Museum Benteng Vredeburg menyampaikan beberapa hal terkait masa depan perpustakaan pada Apel Kamis pagi (3/8/2023). “Perpustakaan, mulanya dikenal sebagai lembaga non profit yang menyediakan jasa informasi tanpa imbalan, oleh karenanya pendanaan dari lembaga induk menjadi satu-satunya harapan untuk berkembang. Paradigma ini perlahan berubah dengan adanya upaya untuk memonetisasi sebagian layanannya, seperti penetapan denda pada kasus keterlambatan pengembalian buku, layanan fotokopi, pembuatan kartu anggota yang berbayar, dan memungkinkan tersedianya layanan kantin di perpustakaan”.

“Perubahan paradigma tersebut diharapkan untuk menjadikan perpustakaan menjadi lebih mandiri dan tidak menjadikan lembaga induk sebagai satu-satunya harapan untuk berkembang. Seiring dengan perkembangan museum yang bermula dari non profit oriented menjadi Badan Layanan Umum, dan hal tersebut bisa menjadi celah untuk memonetisasi layanan demi harapan berkembangnya layanan ke arah yang lebih baik”. Imbuhnya

Ditutup dengan usulan, merubah layanan yang awalnya free mulai dipikirkan bagaimana jika mengambil profit yang legal dari layanan tersebut tanpa terkesan pungli dan dengan tujuan agar Perpustakaan bisa lebih mandiri, bahkan bisa melakukan pengadaan buku secara mandiri.



Bagaimana informasi yang disediakan website ini?
   

Bagaimana informasi yang disediakan website ini?