Kuliah Praktek di Museum Vredeburg: Mahasiswa PGRI Pelajari Pemeliharaan Koleksi Logam

administrators 14 Desember 2023 08:05:33 243

Jum’at (10/11/2023) Mahasiswa Pendidikan Sejarah Universitas PGRI Yogyakarta semester 3 dan 5 melangsungkan kegiatan kunjungan museum ke Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta. Kunjungan ini bertujuan untuk menunjang mata kuliah Museologi yang diampu oleh RR. Muri Kurniawati, SIP., MA. selaku dosen sekaligus Pamong Budaya Ahli Madya Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta.

Dalam kegiatan yang berlangsung pada pagi menjelang siang tersebut, para mahasiswa tidak hanya berkunjung saja, namun mereka juga dapat praktek berupa bagaimana pemeliharaan koleksi-koleksi museum khususnya yang berbahan dasar logam bersama para konservator di gedung konservasi Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta. Kegiatan yang juga diikuti oleh karyawan serta para mahasiswa magang serta PKL ini berlangsung begitu seru.

Dipandu oleh Isyak Warih Budihantoro selaku bagian dari konservator museum, para mahasiswa mencoba untuk membersihkan koleksi logam-logam berupa mata uang koin, keris, tombak dan koleksi logam lainnya milik museum. Dalam praktik ini mahasiswa diajari bagaimana caranya proses pemeliharaan koleksi-koleksi khususnya yang berbahan logam dengan menggunakan cairan-cairan kimia serta alat-alat konservasi lainnya yang telah disediakan. Setiap mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini diberikan satu koleksi berbahan logam yang dapat dipilih sendiri oleh mahasiswa, kemudian dapat mereka praktikkan apa yang telah dicontohkan oleh Bapak Isyak selaku pemandu pada siang hari itu. 

Kegiatan yang diselenggarakan di gedung konservator milik Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta ini juga diikuti oleh para karyawan serta mahasiswa magang dan PKL di museum. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan para mahasiswa dapat mengerti bagaimana proses pemeliharaan benda-benda bersejarah serta dapat menghargai setiap koleksi yang ada, sehingga 

Meski kegiatan ini berlangsung secara singkat, namun para mahasiswa terlihat antusias dengan mengikuti arahan yang diberikan secara seksama juga sesekali melayangkan pertanyaan berkaitan dengan pemeliharaan koleksi.




Bagaimana informasi yang disediakan website ini?
   

Bagaimana informasi yang disediakan website ini?