Virtual Tour Museum, Vakansi Ditengah Pandemi

administrators 14 Desember 2020 14:53:19 336


Desember, bulan penghujung tahun ini identik dengan liburan. Nuansa vakansi dimana orang-orang meluangkan waktu bebas dari pekerjaan atau dunia persekolahan biasanya sudah terasa dari pertengahan bulan ini. Terlebih mendekati jadwal liburan Hari Raya Natal dan Tahun Baru, diawali dari berakhirnya ujian akhir semester para orang tua yang bekerja mengambil hak cutinya untuk liburan dengan keluarga, begitu pula dengan para mahasiswa yang lebih bisa mandiri tanpa didampingi orang tuanya rame-rame menyelesaikan bucket list travel tahunannya.

Pada tahun-tahun sebelumnya, suasana jalanan kota Yogyakarta juga kota dengan banyak tujuan destinasi lainnya sudah mulai dipadati dengan lalu lalang kendaraan dengan nomor polisi luar kota. Berbeda dengan tahun ini, tradisi mudik pada pertengahan tahun dan akhir tahun pupus sudah. Semenjak awal Maret 2020 pandemi masuk Indonesia hingga akhir tahun 2020 jumlah angka kasus Covid-19 di Indonesia kian meningkat, update data Kementerian Kesehatan pada 13 desember 2020 pukul 12.00 WIB pada 34 propinsi mencapai 617.820 positif.

Grafik yang meningkat tersebut menjadi dasar pemerintah mengeluarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas Keputusan Presiden Nomor 17 tahun 2020 tentang Cuti Bersama Pegawai Aparatur Sipil Negara Tahun 2020 pada tanggal 8 Desember 2020 lalu. Hal tersebut bukan tak beralasan, melainkan sebagai upaya pencegahan penambahan angka kasus Covid-19.

Begitu juga dengan Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, destinasi jujukan wisatawan baik wisatawan nusantara maupun mancanegara selalu penuh sesak pengunjung dimasa liburan. Lalu lalang pengunjung museum masih berasa seperti biasanya, hanya terlihat beberapa pengunjung dan rombongan kecil.

Menyikapi hal tersebut, Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta menyediakan layanan virtual tour museum untuk sahabat museum yang rindu akan museum. Layanan ini dapat diakses melalui https://virtualtourvredeburg.id/ dengan panduan dapat dilihat dari youtube Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta https://www.youtube.com/watch?v=2F1Ke9FoFYY



Bagaimana informasi yang disediakan website ini?
   

Bagaimana informasi yang disediakan website ini?