Visi Misi

administrators 15 Mei 2019 00:00:00 2447



VISI

Museum sebagai wahana penguatan pendidikan karakter generasi muda melalui pelayanan prima dan berintegritas. 


Pemahaman mengenai visi tersebut dapat dijabarkan sebagai berikut :

a. Pendidikan Karakter, merupakan sebuah usaha manusia untuk mendidik generasi selanjutnya menyempurnakan individu secara berkesinambungan demi menuju ke arah hidup yang lebih baik.

b. Pelayanan Prima, Museum adalah lembaga layanan publik. Tolok ukuran pelayanan adalah kepuasan pelanggan dengan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dengan tidak mencari keuntungan dan terbuka untuk umum.

c. Berintegritas, mengandung pengertian konsisten dan teguh dalam menjunjung tinggi nilai-nilai luhur dan keyakinan, terutama dalam kejujuran dan kebenaran dalam tindakan, bersikap jujur, dan mampu mengemban kepercayaan.


Dalam pengembangan misinya, Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta menyelaraskan dengan misi yang dikembangkan dari misi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yaitu:

MISI

Misi adalah rumusan-rumusan umum tentang upaya-upaya apa saja yang akan dilaksanakan untuk mewujudkan visi. Adapun misi dari Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta tahun 2020-2024 antara lain : 

Adapun misi dari Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta antara lain:

1. Mewujudkan pendidikan yang relevan dan berkualitas tinggi, merata dan berkelanjutan, didukung oleh infrastruktur dan teknologi

2. Mewujudkan pelestarian dan pemajuan kebudayaan serta pengembangan bahasa dan sastra

3. Mengoptimalkan peran serta seluruh pemangku kepentingan untuk mendukung transformasi dan reformasi pengelolaan pendidikan dan kebudayaan.


Dari ketiga misi tersebut, misi kedua (Mewujudkan pelestarian dan pemajuan kebudayaan serta pengembangan bahasa dan sastra) menjadi dasar pengembangan misi Musuem Benteng Vredeburg Yogyakarta yaitu "Pelestarian Nilai Luhur Sejarah Perjuangan sebagai media pendidikan karakter bagi generasi muda".


TUJUAN

Misi diatas merupakan suatu usaha untuk mewujudkan tujuan. Tujuan yang ingin dicapai oleh Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta mengacu pada tujuan Kementerian Pendidikan dan Kebuadayaan, yang tediri dari:

1. Perluasan akses pendidikan bermutu bagi peserta didik yang berkeadilan dan inklusif.

2. Pengembangan mutu dan relevansi pendidikan yang berpusat pada perkembangan peserta didik.

3. Pengembangan potensi peserta didik yang berkarakter.

4. Pelestarian dan pemajuan budaya, bahasa dan sastra serta pengarusutamaannya dalam pendidikan.

5. Penguatan sistem tata kelola pendidikan dan kebudayaan yang partisipatif, transparan, dan akuntabel.


Dari kelima tujuan tersebut, tujuan keempat (Pelestarian dan pemajuan budaya, bahasa dan sastra serta pengarusutamaannya dalam pendidikan) menjadi dasar penyusunan tujuan yang akan dicapai Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta yaitu "Meningkatkan Peran Museum Sebagai Wahana Pemajuan Kebudayaan". 


Bagaimana informasi yang disediakan website ini?
   

Bagaimana informasi yang disediakan website ini?