Ruang Terbuka Hijau Di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta

administrators 20 November 2020 09:18:16 53


Perkembangan dunia wisata pada saat ini berkembang dengan beberapa trobosan dan kreativitas yang sejalan dengan perkembangan zaman.  Banyak obyek wisata yang mengembangkan wisata berbasis lingkungan. Salah satu yang digunakan untuk mengembangkan obyek wisata adalah penyediaan ruang terbuka hijau. Berdasarkan pengertian dari Dinas Pekerjaan Umum dan Kawasan Pemukiman Ruang terbuka hijau  adalah ruang-ruang dalam kota atau wilayah yang lebih luas baik dalam bentuk area/kawasan maupun dalam bentuk area memanjang atau jalur dimana dalam penggunaannya lebih bersifat terbuka yang pada dasarnya tanpa bangunan.  

Dengan adanya ruang terbuka hijau dapat memberikan banyak keuntungan  bagi suatu tempat yang menerapkannya. Keuntungan dengan adaya ruang terbuka hijau dapat  berupa udara disekitarnya menjadi dingin dan sejuk, menambah cadangan air tanah, menambah kesan Indah, memberikan banyak oksigen, tempat meresapnya air hujan, meminimalisir bencana banjir, penahan angin dan masih banyak lainnya. Maka dengan penerapan  ruang terbuka hijau di obyek wisata sangatlah penting untuk diterapkan.

Untuk Di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta ruang terbuka hijau sudah ada Sejak zaman dulu. Ruang terbuka hijau di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta terletak mulai dari pintu masuk yang terletak di sebrang Gedung Agung Yogyakarta( Istana Kepresidenan) hingga masuk kedalam halaman Museum. Pengunjung disuguhkan dengan adanya  ruang terbuka hijau yang berupa pepohonan rimbun di sebelah utara dan selatan pintu masuk Museum Benteng Vredbeurg Yogyakarta. kemudian pada sisi dalam halaman Museum terdapat ruang terbuka hijau berupa pepohonan dan taman. 


   

Selain pada dua tempat tersebut lahan terbuka hijau lainnya terdapat disisi selatan Banguanan Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta  tepatnya pada sisi timur monumen Serangan Umum 1 Maret.  Dengan adanya Ruang terbuka hijau dapat difungsikan pengunjung sebagai tempat berteduh, bercengkrama, bersua foto dan masih banyak lainnya. Sehingga Ruang terbuka Hijau di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta di harapkan dapat bermanfaat bagi pengunjung yang mengunjungi  Museum BentengVredebrug Yogyakarta .  

 Referensi : Dinas Pekerjaan Umum dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Kulon Progo( 2017) Ruang terbuka Hijau https://dpu.kulonprogokab.go.id/detil/105/ruang-terbuka-hijau 

(diakses 4 November 2020) 


Dyota Hayu Mahardhika
Sosiologi 2017
Universitas Atma Jaya Yogyakarta



Bagaimana informasi yang disediakan website ini?
   

Bagaimana informasi yang disediakan website ini?