Resensi Buku "Memenuhi Panggilan Tugas jilid 2A: Kenangan Masa Gerilya"

administrators 12 April 2021 11:26:38 115


Dr. A.H. Nasution yang akrab disapa "Pak Nas" dikenal sebagai konseptor perang gerilya dan penggagas dwifungsi ABRI. Beliau dikenal dunia setelah ide dan konsep perang gerilya dituangkan dalam sebuah buku berjudul Pokok-Pokok Gerilya.

Buku ini bercerita tentang gagasannya yang gemilang pada masa revolusi dalam menjalankan strategi perang gerilya. Konsep ini diadaptasi dari ahli strategi militer China bernama Sun Tzu yang diterapkan dan dikembangkan oleh A.H. Nasution. Ide dasarnya adalah menggunakan segala kekuatan untuk mengalahkan musuh-musuhnya. Taktik ini kemudian diadaptasi oleh A.H. Nasution untuk diterapkan dalam masa perjuangan kemerdekaan RI.

Syarat utama keberhasilan terletak pada kekompakan, serta rasa percaya antara militer dengan rakyat. Perang gerilya adalah perang berintensitas rendah dan kecil. Perang ini dilakukan secara sembunyi-sembunyi dengan mobilitas tinggi serta melakukan sabotase dan melemahkan kekuatan musuh. Alasan taktik perang gerilya ini diterapkan oleh A.H. Nasution karena mereka menyadari apabila perang dilakukan secara langsung maka kemenangan tidak akan tercapai.

Dari buku ini kita dapat mengetahui bahwa A.H. Nasution adalah pahlawan yang cerdik dan memiliki peran yang sangat penting dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Walaupun banyak rintangan yang harus dilalui, perjuangan untuk mempertahankan kemerdekaan tidak pernah padam. Hal ini juga membuktikan kepada dunia internasional bahwa Republik Indonesia masih ada.

Resensi buku

Judul “Memenuhi Panggilan Tugas jilid 2A: Kenangan Masa Gerilya”

Penulis : DR. A.H. Nasution

Penerbit: CV. Haji Masagus

Tahun Terbit : 1989

Koleksi Pengkajian Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta

 

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta sebagai institusi yang bergerak dibidang ilmu pengetahuan menyediakan fasilitas perpustakaan sebagai sumber pustaka bagi karyawan museum maupun masyarakat umum. Ruang perpustakaan menempati bangunan J (eks perkantoran).

 

Perpustakaan Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta dapat dikunjungi pada hari kerja dengan menyesuaikan jam operasional kantor dengan berbagai fasilitas, diantaranya:

 

- Katalog buku Online yang dapat diakses di https://libsys-online.xyz/museum-vredeburg/opac/

- Buku-Buku yang tidak hanya bisa dibaca ditempat, namun juga bisa dipinjam oleh pengunjung.

- Komputer dan Wifi

- Ruang Baca yang representatif dan dilengkapi dengan AC dan penerangan yang cukup

- Loker Penyimpanan Tas bagi Pengunjung



Bagaimana informasi yang disediakan website ini?
   

Bagaimana informasi yang disediakan website ini?