Cerita di Balik Pemenang Lomba Video Cerita Sejarah Vredeburg

administrators 04 Juni 2020 14:46:43 120






















Mengawal kegiatan pameran daring “Jejak Gerilya Sang Jenderal ” dapat diakses melalui https://pamerandaring-vredeburg.com/ yang digelar di tengah pandemi Covid-19, Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta menggelar Lomba Video Cerita Sejarah yang dilakukan pada 8-25 Mei 2020 tingkat SMA sederajat se- Indonesia. Mengusung tema “Cerita di Balik Koleksi Museum” yang ketentuan dan syarat diunggah pada akun Instagram @museum.benteng.vredeburg.

 

Kegiatan ini mendapat respon yang sangat bagus dari masyarakat, tersebar cepat, terbukti kurang dalam 24 jam kuota 30 peserta terpenuhi. Disebutkan pada salah satu syaratnya peserta diwajibkan membuat video cerita sejarah dengan memilih salah satu koleksi yang disediakan oleh panitia.

 

Melalui penilaian tiga Dewan Juri Dr. Ratun Untoro, M.Hum (Balai Bahasa Yogyakarta), Yustina Hatrini Nurwanti, S.S (Balai Pelestarian Nilai Budaya Yogyakarta), dan Nanang Arisona, M. Sn (ISI Yogyakarta) Memutuskan 3 juaranya yaitu :

-          Juara I:  Nirsa Ismi Almanda dari SMAN Banua Kalimantan Selatan dengan judul “Teman Sejati Mohammad Hatta”

-          Juara II : Muhammad Syakhsan Haq dari SMAN Model Terpadu Bojonegoro dengan judul “Perjuangan Bung Hatta Usai Kemerdekaan”

-          Juara III : M. Fernanda. D dari MAN 1 Yogyakarta dengan judul “Kendhil Dalung”

Harapannya melalui kegiatan Lomba Video Cerita sejarah ini kembali mengingatkan akan pentingnya peran para pahlawan dalam Kemerdekaan Republik Indonesia. Disajikan dengan bentuk yang berbeda, gesture bercerita tanpa merubah isi dan orisinil karya peserta, belajar sejarah menjadi lebih menyenangkan. Video 3 pemenang dapat dilihat masyarakat pada IGTV Instagram @museum.benteng.vredeburg atau di kanal Youtube Museum Benteng Vredeburg.



Bagaimana informasi yang disediakan website ini?
   

Bagaimana informasi yang disediakan website ini?