Webinar “Menggali Kisah Dibalik Kemegahan Benteng Vredeburg”

administrators 15 Februari 2021 13:19:26 72


Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta selalu berupaya meningkatkan peran dan fungsinya kepada masyarakat sesuai amanat sebagai sarana pemajuan kebudayaan dan penguatan pendidikan karakter melalui benda dan sejarah Bangsa Indonesia dengan nuansa edutainment. Melalui berbagai kegiatan yang melibatkan masyarakat baik formal dan non formal yang mampu menghidupkan ekosistem pemajuan pendidikan dan kebudayaan yang sejalan dengan perkembangan zaman.

Pandemi Covid-19 memaksa merubah sistem segala kegiatan yang melibatkan pemangku kepentingan dari luring ke sistem daring sejak awal Maret 2020 lalu. Masih berlanjut di tahun 2021, Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta memulai kegiatan awal tahun 2021 dengan menyelenggarakan seminar secara daring atau webinar. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada Rabu 10 Februari 2021 dari jam 10.00-12.00WIB melalui akun Zoom  dan ditayangkan langsung melalui kanal Youtube Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta.



Kegiatan webinar ini mengangkat tema Menggali Kisah Dibalik Kemegahan Benteng Vredeburg. Untuk mengulas tema tersebut dihadirkan dua pembicara yang kompeten dibidangnya, Agus Santoso selaku Direktur Pengolahan Arsip Nasional RI dan Sejarawan Peter Carey. Narasumber dari Arsip Nasional memaparkan topik tentang Perkembangan Benteng Vredeburg berdasarkan sumber data ANRI, sedangkan Peter Carey memaparkan tentang Benteng Vredeburg Pada Masa Pendudukan Inggris dan Perang Diponegoro. Kegiatan webinar dipandu oleh Moderator Ghifari Yuristiadhi Masyhari Makhasi, yang merupakan Dosen Program Studi Bisnis Perjalanan Wisata, Sekolah Vokasi, UGM.

Antusiasme terlihat peserta terlihat saat mengikuti webinar. Tercatat ada 268 peserta Zoom yang hadir mengikuti webinar ini, selebihnya melalui live streaming kanal Youtube museum.

Tema dalam webinar ini diambil untuk memperkuat data kesejarahan Benteng Vredeburg Yogyakarta. Meskipun sudah lama bangunan Benteng Vredeburg ini berdiri, informasi sejarah pada masa awal-awal berdirinya masih sedikit ditemukan. Maka, dengan adanya webinar ini yang menghadirkan narasumber ahli dibidangnya diharapkan dapat menambah informasi sejarah terkait keberadaan Benteng Vredeburg. Dan bagi masyarakat yang mengikuti webinar ini akan mendapatkan tambahan wawasan sejarah bagaimana perkembangan dan situasi Benteng Vredeburg pada masa tersebut.



Bagaimana informasi yang disediakan website ini?
   

Bagaimana informasi yang disediakan website ini?