CultuRide 2023 Start dari Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta

administrators 08 Juni 2023 10:30:44 365

100 para peserta sepeda Qatar dan Indonesia dari berbagai kalangan sudah bersiap pagi tadi (7/6/2023) di halaman depan Museum dan Cagar Budaya Benteng Vredeburg Yogyakarta. Para peserta akan bersepeda menyusuri jalanan Yogyakarta-Magelang sepanjang 93 km dengan titik akhir Candi Borobudur.

Mereka para peserta mengikuti Culturide 2023 sebagai bagian dari The Qatar-Indonesia 2023 years of Culture yang diselenggarakan oleh negara Qatar. Kegiatan ini adalah salah satu program penguatan kerjasama dan hubungan antar negara Qatar dan Indonesia yang juga melibatkan Pemerintah Provinsi DIY, MCB Benteng Vredeburg Yogyakarta dan Candi Borobudur.

Duta Besar Qatar untuk indonesia, H.E. Ms. Fawziyah Edreess Salman Al Sulaiti datang kembali untuk melepas peserta bersepeda setelah beberapa waktu lalu menyimbangi MCB Benteng Vredeburg Yogyakarta dalam proses persiapan even ini. Tidak seorang diri, Dubes Qatar didampingi oleh Deputi Perdana Menteri Qatar ( Hamad Al-Kawari), Wakil Gubernur DIY ( Sri Paku Alam X), Sub Koordinator (Suharja) dan Kepala Unit (Rosyid Ridlo) MCB Benteng Vredeburg Yogyakarta dalam seremoni pelepasan dan sambutan dari Deputi Perdana Menteri itu, atlet Qatar Ali Bin Towar al-Kuwari ikut berpartisipasi sebagai ambassador CultuRide tahun ini.

Dalam sambutanya Sri Paku Alam X menyampaikan “terima kasih  atas elemen yang terlibat dalam CultuRide 2023 dan semoga acaranya dapat berlangsung dengan kondusif, lancar dan sukses sebagaimana yang tentunya menjadi harapan kita semua.

Kemudian dilanjutkan dengan sambutan Hamad Al-Kawari menyampaikan “in sya allah kami mendoakan saudara saudara semuanya para peserta agar selamat, namun demikian kami selalu berharap baik terhadap hubungan Qatar dan Indonesia, dan acara ini harapannya dapat memperkuat hubungan kedua negara Indonesia dengan Qatar. Karena bagi Qatar acara ini merupakan acara yang khusus untuk diselenggarakan di indonesia dan insya allah pada tahun ini akan ada banyak kegiatan dan hubungan yang kuat antara para pemuda-pemuda Indonesia dan pemuda Qatar, maka dari itu kami berharap semuanya dapat menikmati acara pada pagi hari ini, dan berharap kepada semuanya dalam keadaan sehat dan selamat hingga acara ini berakhir”, ujarnya.

Usai melepas para peserta sepeda, para tokoh negara ini tidak lupa menyempatkan berkeliling di dalam Museum. Ditemani oleh edukator MCB Benteng Vredeburg Yogyakarta, mereka melihat suguhan cerita di diorama 1 sampai 3 yang menceritakan sejarah Indonesia dari masa kolonialisme sampai revolusi fisik. Tampak para tokoh negara menikmati setiap tampilan koleksi di hadapan mereka. Kegiatan Indonesia Qatar 2023 di MCB Benteng Vredeburg Yogyakarta ditutup dengan foto bersama. 

Penulis : Nurikawati (Mahasiswa Magang Universitas Islam Indonesia Jurusan Ilmu Komunikasi)




Bagaimana informasi yang disediakan website ini?
   

Bagaimana informasi yang disediakan website ini?