Pentingnya Mengganti Gel Silika di Ruang Storage untuk Menjaga Kelembaban Suhu

administrators 06 Juli 2022 11:00:42 269

 

Gel silika adalah butiran seperti kaca dengan bentuk yang sangat berpori (memiliki rongga), silika dibuat secara sintetis dari natrium silikat. Walaupun dinamakan gel silika, bentuknya adalah padat. Gel silika adalah mineral alami yang dimurnikan dan diolah menjadi salah satu bentuk butiran atau manik-manik. Di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, gel silika sangat penting sekali, karena di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta terdapat ribuan koleksi yang disimpan di ruang storage.

Ruang Storage merupakan tempat penyimpanan koleksi. Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta memiliki tiga ruang storage (yaitu ruang storage I, K, dan F). Koleksi yang disimpan di ruang tertutup dan ber AC tentunya akan menjadi lembab dan rentan sakit. untuk mengurangi kelembaban suhu dipakailah gel silika, penggunaan gel silika terus dipantau oleh pengelola museum (konservator yang bertanggung jawab atas keselamatan koleksi). Ketika gel silika warnanya mulai memudar atau berwarna merah muda pertanda kemampuan gel silika untuk menyerap kelembaban sudah menurun, silika harus segera diganti dengan gel silica yang masih berwarna biru.

Lantas bagaimana cara mengganti gel silika yang warnanya mulai memudar? Gel silika disimpan di beberapa kantong berpori itu di ambil, dibuka ikatannya, kemudian digantikan dengan gel silika yang  berwarna biru. Kantong yang sudah diisi gel silika diikat kembali dan di letakkan di setiap almari penyimpanan koleksi yang berada di ruang storage. Sementara gel silika yang sudah digunakan yang telah berubah warna masih bisa digunakan lagi dengan cara diolah dengan cara dioven hingga berubah warna menjadi biru dan bisa digunakan kembali.

 

Penulis : Vanesa Elfita. K (PKL SMKN 7 Yogyakarta)

Disunting: Ita Ratnasari



Bagaimana informasi yang disediakan website ini?
   

Bagaimana informasi yang disediakan website ini?