Melihat Sisi Lain di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta

administrators 16 Februari 2024 13:25:40 237


Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, sebuah peninggalan sejarah yang memotret perjalanan panjang peradaban, tidak hanya memikat para pengunjung dengan keindahan arsitekturnya yang megah. Tapi, museum ini juga menjadi pilihan yang tepat untuk dijadikan sebagai tempat untuk berkemah. 

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, terletak di pusat kota Yogyakarta. Tempatnya yang mudah dijangkau dengan sekolah, sehingga memudahkan transportasi bagi para pengunjungnya. Hal ini menjadi salah satu alasan SDN Ungaran 1 Yogyakarta memilih Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta. “Kami kesini rutin setiap setahun sekali mba”, kata Hastuti Wahyuningsih

Hastuti juga menambahkan bahwa museum ini memiliki lokasi yang sangat strategis, juga memiliki tempat yang luas dan tertutup, sehingga memungkinkan pengawasan yang baik terhadap anak-anak tanpa adanya kekhawatiran. Museum ini dilengkapi dengan empat diorama yang menggambarkan berbagai periode sejarah atau tema yang berbeda. “Di sini juga memiliki koleksi-koleksi menarik di diorama yang membuat anak-anak dapat belajar sekaligus bermain”

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta juga menyediakan fasilitas yang memadai bagi para pengunjung, dengan kualitas yang baik, bersih, nyaman, dan ramah, yang semakin menambah kesenangan dalam pengalaman berkemah. Suasana ramah di tengah-tengah lingkungan yang mendidik membuat museum ini menjadi pilihan yang sempurna bagi kegiatan SDN Ungaran 1 Yogyakarta.

Setiap tahun, SDN Ungaran 1 Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan PERSARI (Perkemahan Satu Hari) bagi siswa kelas 3 dan 4, serta kemah penggalang bagi siswa kelas 5 dan 6. Kegiatan ini merupakan rutin tahunan dan telah dilaksanakan sebanyak lima kali di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta. “Meskipun ada alternatif lokasi yang menarik, namun karena kendala transportasi membuat kami memilih museum ini (Museum Benteng Vredeburg)”, ucap guru SDN Ungaran 1 Yogyakarta.

Beragam kegiatan menarik diselenggarakan selama acara berkemah, termasuk lomba giat pos untuk melatih kerja sama antar siswa. Kegiatan ekstrakurikuler ini diwajibkan bagi siswa untuk mengikuti perkemahan sebagai bagian dari program pembinaan keterampilan sosial dan kepemimpinan. Melalui lomba giat pos ini, siswa diajak untuk bekerja sama dalam tim, mengasah keterampilan komunikasi, dan belajar untuk mengatasi tantangan bersama-sama. Selain itu, kegiatan ini juga memberikan kesempatan bagi siswa untuk menemukan potensi diri mereka dalam menghadapi situasi yang mungkin tidak terduga. Lomba Giat Pos menjadi salah satu momen penting dalam perkemahan yang tidak hanya meningkatkan keterampilan siswa, tetapi juga mempererat ikatan antar mereka.

Dengan demikian, Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta tidak hanya menjadi destinasi wisata sejarah yang menarik, tetapi juga tempat ideal untuk kegiatan sekolah non formal. Dengan lokasi strategis, fasilitas yang baik, dan beragam kegiatan yang menarik, museum ini memberikan pengalaman berkemah yang berkesan bagi siswa SDN Ungaran 1 Yogyakarta.


Penulis : Novia

Mahasiswi Magang Divisi Publikasi dan Promosi 

UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto


Editor : Noibenia Gendrit






Bagaimana informasi yang disediakan website ini?
   

Bagaimana informasi yang disediakan website ini?