Perawatan Ruang Publik Plaza Serangan Umum 1 Maret Oleh Tim Konservasi

administrators 01 Desember 2022 08:18:06 74

Menurut kode etik ICOM – CC (International Council of Museum – Commitee for Conservation), Konservasi preventif adalah kegiatan dan tindakan yang tujuannya untuk menghindari serta meminimalisir kerusakan pada bangunan maupun koleksi cagar budaya. Dalam hal ini, Tim Konservasi Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta melakukan pembersihan ruang publik Plaza Serangan Umum 1 Maret (Kamis, 24/11/2022).

Perawatan koleksi dan fasilitas yang ada di Museum menjadi agenda harian tim konservasi, seperti: pembersihan dome, pengecekan storage, pengecekan suhu dan kelembaban. Dibantu oleh mahasiswa magang dari UNY dan SMK Pariwisata Bantul, mereka diberikan tugas untuk mengecek semua diorama dan melaporkan hasilnya setelah tugas dilaksanakan. Melalui pengecekan tersebut Tim Konservasi dapat mengetahui bagaimana kondisi suatu koleksi, jika terdapat kondisi yang harus diberikan tindakan seperti perawatan maka tim konservasi akan melakukan tindakan tersebut. 

Untuk pembersihan diorama dan dome sendiri dilakukan setiap satu minggu sekali secara rutin di hari senin. Sedangkan perawatan pada Museum, dalam hal ini ruang publik Plaza Serangan Umum 1 Maret sebenarnya secara resmi dilakukan satu tahun sekali. Namun, saat ini pembersihan ruang publik serangan umum 1 maret dilakukan secara rutin dan menyesuaikan situasi serta kondisi cuaca. Jika melihat kondisi cuaca Yogyakarta yang setiap harinya hujan, akan mempercepat adanya pertumbuhan lumut dan rumput yang dapat merusak bangunan.     

Biasanya, perawatan resmi pada ruang publik dilakukan dengan memanfaatkan zat kimia. Karena bukan agenda rutin tim konservasi, perawatan kali ini tidak menggunakan zat kimia dan hanya menggunakan air untuk membersihkan ruang publik ini. Perawatan dan pemeliharaan yang dilakukan oleh tim konservasi Museum tentu sangat berguna untuk menjaga kualitas dari koleksi dan fasilitas museum. Selain itu, pemeliharaan dilakukan demi terciptanya lingkungan Museum yang aman dan nyaman bagi pengunjung.


Penulis: 

Dewi Rosya Wahyu Handayani (Magang Universitas Negeri Yogyakarta)

Referensi:

BPSMP Sangiran. (2020). Perawatan koleksi di Museum Manusia Purba Sangiran Pada Saat Pandemi Covid-19. https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpsmpsangiran/perawatan-koleksi-di-museum-manusia-purba-sangiran-pada-saat-pandemi-covid-19/




Bagaimana informasi yang disediakan website ini?
   

Bagaimana informasi yang disediakan website ini?