Partisipasi IAAI Komda DIY- Jateng dalam event Vredeburg Fair#9: Pada 20-24 September 2023

administrators 25 September 2023 09:59:06 195

Perkumpulan Ahli Arkeologi Indonesia (IAAI) adalah suatu organisasi profesi berbadan hukum yang menjadi wadah para ahli arkeologi seluruh Indonesia. Organisasi IAAI ini, berada di beberapa daerah seperti, Komda DIY- Jateng (Jawa Tengah), Sulawesi, Sumatra, Kalimantan dan Bali. Namun pada umumnya, IAAI bekerja sebagai penyedia informasi arkeologi, melakukan penelitian terbaru, melestarikan situs warisan budaya dan sejarah Indonesia. Di sisi lain, IAAI mendorong kerja sama dengan pihak terkait, seperti lembaga pemerintah, universitas, museum dan komunitas lokal.

Dalam hal itu, IAAI Komda DIY- Jateng diundang untuk berpartisipasi dalam meramaikan acara Vredeburg Fair#9. Selama kegiatan berlangsung sangat menyenangkan dengan tema” Pemugaran Vredeburg”. Dengan berdasarkan tema, IAAI Komda DIY-Jateng mempresentasikan beberapa situs arkeologi dan memajangkan spanduk pemugaran yang sudah dilakukan dengan metode penelitian, mengembalikan kondisi bangunan yang rusak ke semula seperti, pemugaran Candi Prambanan, Candi Kimpulan dan pemugaran Fasad Malioboro.

Event tersebut sangat baik untuk mengenalkan pada masyarakat luas khususnya turis/orang asing, tapi selain itu ada yang kurang untuk penambahan boots seperti candi Borobudur dan Prambanan, maka harapan untuk kedepannya bisa dilibatkan semuanya, ujar Mass Alle (22/09/2023).

Penulis: Dafri Weya [Mahasiswa magang Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta]

 

 



Bagaimana informasi yang disediakan website ini?
   

Bagaimana informasi yang disediakan website ini?