Founder Komunitas Peduli Kucing Pasar : Alhamdulillah, Bisa Mengedukasi Banyak Orang Melalui Vredeburg Fair

administrators 25 September 2023 16:10:04 205

Banyak orang berpikir bahwa dengan membuang kucing di pasar, makanan si kucing akan lebih terjamin. Padahal faktanya, tidak banyak kucing yang bisa survive di pasar karena kucing bingung dengan tampat asing, tidak bisa cari makan, atau takut dihajar kucing garong penghuni pasar yang lama. Belum lagi jika diusir oleh pedagang pasar yang tidak suka kucing. Atau kemungkinan terlindas kendaraan atau kemungkinan jika dibuang ditempat sampah, terkadang ikut terlempar di bak truk kemudian mati tertimbun sampah. 

Demikianlah, sekelumit permasalahan tentang kucing pasar yang tidak banyak orang tahu. Hal inilah yang mendasari lahirnya Komunitas Peduli Kucing Pasar di tahun 2015. Komunitas ini menjadi salah satu komunitas yang mencuri perhatian dalam gelaran Vredeburg Fair 2023. Vredeburg Fair merupakan annual event yang diselenggarakan oleh Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta dengan mengusung Pameran Museum dan Komunitas. Pameran ini juga merupakan bentuk fasilitasi terhadap komunitas agar dapat berkembang melalui wadah Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta. 

“Senang banget Vredeburg melibatkan kami di kegiatan ini. Alhamdulillah banyak pengunjung yang bertanya mengenai komunitas kami dan kegiatannya, jadi kami bisa lebih mengenalkan komunitas dan mengedukasi banyak orang”, ungkap Kiswandari, salah satu founder Komunitas Peduli Kucing Pasar saat penutupan stand pameran Vredeburg Fair pada Minggu (24/9/2023).

Lebih lanjut Kiswandari mengungkapkan bahwa komunitas ini hadir tidak saja untuk memberikan edukasi terkait kucing pasar, namun juga melakukan aksi nyata  seperti start feeding, sterilisasi untuk mengontrol populasi, dan adopsi. Komunitas yang saat ini beranggotakan 40 orang ini melakukan startfeeding di pasar sembari mengedukasi mengajak ngobrol dengan orang-orang di pasar, supaya mereka juga ikut peduli.

“Dan juga memberi pemahaman kegiatan sterilisasi/kebiri yang kami lakukan ini dalam rangka mengontrol populasi kucing”, pungkas Kiswandari. 

 

Penulis : Lilik Purwanti (Pamong Budaya Ahli Pertama Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta)



Bagaimana informasi yang disediakan website ini?
   

Bagaimana informasi yang disediakan website ini?