Ikut Ramaikan Vredeburg Fair, Museum Penerangan Bawakan Wahana Komunikasi dan Koleksi Bersejarah

administrators 23 September 2023 15:03:08 308

Museum Penerangan yang berlokasikan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur kini bisa dijumpai di acara Vredeburg Fair#9, selama sepekan mulai dari tanggal 20 hingga 24 September 2023 di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta. 

Museum Penerangan hadir dengan membawa beberapa koleksi seperti dua surat kabar berbahasa jawa Retnodhoemilah dan Warta Bodjonegoro-Syuu yang memuat naskah proklamasi, kemudian dua radio yang banyak digunakan di daerah pulau jawa serta tv pertama di Indonesia, dimana radio dan tv tersebut hanya dibagikan secara terbatas ke hampir seluruh wilayah Indonesia.

Tidak tertinggal sebuah koleksi tambahan berupa piringan hitam ikut meramaikan keseruan stand Museum Penerangan. Wildan, Humas dari Museum Penerangan mengatakan Piringan Hitam ini ditujukan untuk para anak muda yang mungkin belum pernah melihat secara langsung dan merasakan sensasi memutar musik dengan alat ini. 

Ada juga wahana komunikasi yang bisa dicoba oleh pengunjung salah satunya adalah alat komunikasi kaleng dengan tali yang menjadi penghubung antara kaleng tersebut. Selain itu Museum Penerangan juga menghadirkan berbagai kuis dengan bermacam hadiah menarik bagi para pengunjung. 

Penulis : Nada Krisyifa Oktaviani




Bagaimana informasi yang disediakan website ini?
   

Bagaimana informasi yang disediakan website ini?