Bincang Publik “Strategi Promosi Museum di Era Milenial”

administrators 22 Februari 2021 11:49:45 179


 

Museum merupakan lembaga yang berfungsi melindungi, mengembangkan, memanfaatkan koleksi dan mengkomunikasikannya kepada masyarakat. Juga memiliki tugas di bidang pengkajian, pendidikan dan kesenangan. Museum harus mampu memadukan konsep pendidikan dan entertainment, sehingga tercipta nuansa museum sebagai tempat belajar yang menyenangkan (edutainment).

Agar senantiasa mendapat tempat dihati masyarakat, museum saat ini harus kreatif terlebih di era milenial ini, semua dituntut melakukan inovasi terutama untuk museum yang harus menarik perhatian perhatian generasi muda. Generasi milenial identik dengan keterbukaan informasi dan kemudahan akses terhadap media sosial dengan didukung teknologi digital. Menyikapi hal tersebut, untuk menggali strategi komunikasi antara museum dan masyarakat Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta menggandeng masyarakat yang diwadahi Bincang Publik.

Dikemas secara daring melalui akun Zoom  pada 15 Februari 2021 dikuti  260 peserta dan menghadirkan dua narasumber Ayu Cornelia (Director, Founder Cornellia&Co, PR dan Marketing Agency) dan Mahendra Birawa (Google Streeview Photographer, KPPSS TVRI Jogja) . Dimoderatori mantan Duta Museum 2014 Erwin Djunaedi mewakili generasi milenial yang juga aktif menggugah generasi milenial melek sejarah melalui komunitas “malam museum”.

 

Komunikasi Pemasaran Pariwisata dikupas tuntas oleh Ayu, Doktor muda dengan paras ayu ini menyampaikan materi dengan santai tapi mudah dipahami audiens. Didukung juga Mahendra berbagi ilmu bagaimana peran komunikasi publik melalui sosial media, waktu 2 jam pun terasa berlalu begitu saja dan terasa singkat. Komunikasi juga berjalan dua arah antara narasumber dan audiens melalui tanya jawab yang disampaikan zoom chatt dan dijawab oleh narasumber. Dokumentasi kegiatan Bincang Publik ini juga diposting di kanal youtube Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta https://www.youtube.com/watch?v=nPntFslsonA .



Bagaimana informasi yang disediakan website ini?
   

Bagaimana informasi yang disediakan website ini?