Pemeliharaan Rumput dan Tanaman Supaya Tetap Hijau Alami

administrators 26 Agustus 2022 13:10:59 104

 

Rumput adalah tumbuhan pendek yang sering ada di halaman, pinggir jalan atau lapangan. Rumput dapat menutupi tanah dan mencegah pengikisan tanah oleh erosi, misalnya pada waktu hujan rumput dapat membantu menyerap air ke tanah. Ada berbagai macam jenis rumput, namun di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta hanya ada dua jenis ramput yang ditanam, yakni rumput manila (zoysia matrella) dan rumput gajah mini (Axonopus). Dan ada juga berbagai macam tanaman yang ditanam seperti, bunga bugenvil, pohon tanjung, dan masih banyak lagi.

Tujuan pemeliharaan rumput dan tanaman ini, yaitu agar rumput dan tanaman tumbuh subur dan tentunya tetap berwarna hijau alami. Untuk menjaga warna tetap hijau dibutuhkan pupuk, ada dua macam pupuk yang digunakan, yakni pupuk buatan dan pupuk mess urea. Pupuk buatan dibuat menggunakan bahan sampah-sampah organik seperti daun-daun kering yang kemudian digiling/diolah menjadi pupuk. Pembuatan pupuk buatan ini ada di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta gedung G. Pupuk organik digunakan untuk memupuk tanaman yang ada di pot,  sedangkan pupuk mess urea digunakan untuk memupuk rumput.

Selain pemberian pupuk, rumput dan tanaman selalu disirami supaya tumbuh subur. Penyiraman rumput dilakukan dua hari sekali, namun saat musim hujan tidak disirami, sedangkan tanaman disiram sehari satu kali. Rumput juga harus dipotong supaya terlihat rapi dan elok dipandang, pemotongan rumput dilakukan seminggu sekali.

 

Penulis : Vanesa Elfita Kumala (PKL SMKN7 Yogyakarta)



Bagaimana informasi yang disediakan website ini?
   

Bagaimana informasi yang disediakan website ini?