Apel Pagi, Sharing Pengelolaan Pengunjung Museum Bersama Yulitaningrum

administrators 18 Januari 2024 14:40:59 420

Kamis (18/1/2024) diselenggarakan apel pagi yang menjadi rutinitas di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta. Apel diselenggarakan di halaman Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, dengan Pembina apel, Yulitaningrum Andari Putri, S. Pd, karyawan bagian konservator. Apel ini diikuti oleh segenap karyawan-karyawati Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta sebagai bentuk penegakan disiplin serta menjadi ajang untuk menyampaikan ide dan gagasan bagi kemajuan Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta.  

Dalam kesempatan apel tersebut, Yulitaningrum mengungkapkan bahwa pengelolaan museum terbagi atas dua yaitu pengelolaan pengunjung dan pengelolaan koleksi. Terkait pengelolaan pengunjung, sesungguhnya bukan hanya mereka yang secara fisik melakukan kunjungan ke museum, namun juga termasuk mereka yang berkunjung melalui website ataupun media sosial museum, ataupun yang belum pernah secara langsung berkunjung ke museum. Sementara terkait demografis dan segmentasi pengunjung, ia membagi ke dalam 5 jenis kategori yang sesuai dengan keadaan di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta. 

Jenis pengunjung yang pertama adalah eksplorer yang mana mereka melakukan eksplor tanpa menggunakan peta dan cenderung tidak menyukai agenda orang lain. Yang kedua, experience seeker, pengunjung ini cenderung suka melihat penunjuk peta dan menjadikan penunjuk peta merupakan hal penting, memiliki kecenderungan untuk mencari cinderamata dan mengabadikan moment atau selfie. Yang ketiga yakni fasilitator. Jenis pengunjung ini lebih mengarah kepada pengunjung yang membawa rombongan dan menjadikan titik tertentu untuk dikunjungi. Hal ini dikarenakan keterbatasan waktu, sehingga mereka memerlukan pemanduan dan membutuhkan tempat duduk. Jenis keempat yaitu profesional, mereka merupakan orang yang sengaja berkunjung ke museum dan biasanya menggunakan peta untuk spesifikasi titik yang ingin dikunjungi dan mereka cenderung mencari buku atau DVD sesuai dengan kebutuhan mereka.

“Jenis yang kelima, silahkan langsung mengunjungi saya untuk berdiskusi lebih lanjut”, kelakar Yulitaningrum menutup sesi apel pagi. 


Penulis : Grace Stephani Surbakti

Editor : Lilik Purwanti





Bagaimana informasi yang disediakan website ini?
   

Bagaimana informasi yang disediakan website ini?