Vredeburg Raih Kualitas Atraksi Wisata Sejarah Terbaik di Kota Jogja

administrators 17 November 2023 09:15:31 502

Di penghujung tahun 2023, Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta mendapatkan kabar menggembirakan karena berhasil mendapatkan skor tertinggi dalam Kajian Indeks Kualitas Atraksi Daya Tarik Wisata kategori Wisata Sejarah oleh Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta. Dengan diraihnya kualitas atraksi (daya tarik) wisata sejarah terbaik di Kota Yogyakarta ini Museum Benteng Vredeburg berkomitmen untuk tidak berpuas diri, namun terus berupaya untuk meningkatkan kualitas layanan dan fasilitas terbaik bagi pengunjung.   

Demikian disampaikan oleh M. Rosyid Ridlo, Kepala Unit Museum Benteng Vredeburg dalam kesempatan apel pada Kamis (2/11/2023) yang diikuti oleh seluruh karyawan-karyawati Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta. Apel yang dilaksanakan setiap hari Senin dan Kamis ini merupakan salah satu praktik baik yang dilaksanakan di Museum Benteng Vredeburg untuk membangun komitmen serta menegakkan disiplin pegawai. 

Lebih lanjut Rosyid mengungkapkan bahwa Quality Tourism (pariwisata yang berkualitas) dijadikan sebagai Strategi Pariwisata Pasca Pandemi Covid-19. Quality Tourism merupakan konsep pariwisata yang bertolak belakang dengan konsep quantity tourism. Artinya pengelola tidak lagi berfokus mencari cara mendatangkan wisatawan sebanyak-banyaknya, melainkan memikirkan bagaimana wisatawan terkesan dan lama menghabiskan waktu ditempat tersebut sehingga jumlah spending (pengeluaran) lebih banyak. 

Selain itu, startegi Quality Tourism ini menjadi hal yang penting untuk dilaksanakan, mengingat bahwa saat ini terjadi peningkatan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kota Yogyakarta. Menurut Badan Pusat Statistik (BPS) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), jumlah kunjungan wisatawan mancanegara atau turis asing mengalami kenaikan yang signifikan. Tercatat dari turis Asia hingga Amerika Serikat menempati posisi paling banyak berkunjung ke Daerah istimewa Yogyakarta. Data menunjukkan negara asal wisatawan paling banyak berasal dari Malaysia dengan jumlah 3.401 wisatawan. Angka tersebut naik 91 persen dari bulan sebelumnya yang hanya 1.776 wisatawan.

Dalam kesempatan apel tersebut, Rosyid kemudian memaparkan strartegi Quality Tourism yang hendak dilaksanakan di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta. Rencananya, Museum Benteng Vredeburg akan menambah fasilitas berupa tribun atau panggung dan Coffee Shop yang akan ditempatkan di halaman depan sebelum pintu gerbang utama sebelah barat. 

Selain itu, beberapa bangunan seperti diorama juga akan dimaksimalkan fungsinya dengan memanfaatkan teknologi yang lebih canggih dan modern. Beberapa ruang, seperti Unit Pelayanan, pos satpam, dan taman juga akan mengalami penataan ulang. Dengan demikian, dalam waktu dekat ini, Museum Benteng Vredeburg akan berbenah diri untuk tampil lebih menarik. Dalam proses renovasi atau perbaikan, layanan Museum Benteng Vredeburg akan tetap beroperasi secara penuh sehingga proses pembenahan dan pelayanan akan berjalan secara beriringan.


penulisnya : Eka Prasiptya Ayu Saputri

Editor : Lilik Purwanti (Pamong Budaya Ahli Pertama Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta)




Bagaimana informasi yang disediakan website ini?
   

Bagaimana informasi yang disediakan website ini?