Setelah Lama Vakum Jelajah Malam Museum Hadir dengan Kemasan Baru

administrators 26 Oktober 2020 15:02:51 181


Tidak bisa dipungkiri dengan adanya pandemi Covid-19 banyak mengubah kegiatan dan aktivitas kita sehari-hari. Tidak terkecuali dengan kegiatan Jelajah Malam Museum. Kegiatan Jelajah Malam Museum yang dilakukan untuk menjawab tingginya minat kunjung  museum pada malam hari, kini kegiatan Jelajah Malam Museum terpaksa tidak bisa dilakukan pada malam hari. Pandemi Covid-19 membuat adanya batasan  untuk melakukan kegiatan terutama pada  malam hari, maka  Kegiatan Jelajah Malam Museum hadir dengan kemasan baru berupa Jelajah Museum yang dilakukan pada pagi  hingga siang hari.   


  

Kendati demikian tidak menyurutkan antusias peserta Jelajah Museum. Tercatat setelah pengumuman Jelajah Museum di unggah melalui sosial media @museum.benteng.vredeburg dan @malammuseum dalam waktu kurang dari  24 jam kuota yang di sediakan sebanyak 100 peserta langsung terpenuhi. Pelaksanaan Jelajah Museum kemarin Sabtu 24 Oktober 2020, dilakukan dengan cara bergantian. Sebanyak 100  peserta dibagi kedalam dua sesi sesuai pilihan peserta saat melakukan  pendaftaran. Sesi pertama dimulai Pukul  08.00 hingga 10.30 diikuti oleh lima puluh peserta  dan sesi kedua dimulai 10.30 hingga 13.00 diikuti lima puluh  peserta   

Dalam kegiatan Jelajah Museum peserta dan penyelenggara juga menerapkan protokol kesehatan. Sebelum dilaksanakan kegitan tersebut, dari pintu masuk Museum Benteng Vredeburg peserta wajib memakai masker, cek suhu tubuh, mencuci tangan dan diberikan face shield oleh penyelenggara. Kemudian peserta diwajibkan untuk melakukan regristrasi kehadiran dan regristrasi Jogja Smart Service untuk kepentingan tracing dalam rangka memutus mata rantai persebaran covid – 19. Berbeda dengan kegiatan sebelumnya, pada kegiatan Jelajah Museum kali ini peserta tidak bisa mengeksplor semua diorama. Peserta yang sudah terbagi kedalam kelomopok  hanya bisa mengeksplor salah satu diorama dan ruang storage saja. Selama berlangsungnya kegiatan Jelajah Museum Peserta dihimbau untuk selalu mengupdate aktivitas selama kegiatan tersebut pada akun instagram masing-masing peserta dengan membubuhkan  tagar #Jelajahmuseum #museumbentengvredeburg #malammuseum. 



Dyota Hayu Mahardhika
Sosiologi 2017
Universitas Atma Jaya Yogyakarta


Bagaimana informasi yang disediakan website ini?
   

Bagaimana informasi yang disediakan website ini?