Fasilitas Ruang Ramah Anak di Museum Benteng Vredeburg

administrators 27 Oktober 2020 10:54:17 68

Golden age atau masa emas anak merupakan masa di mana otak dan fisik anak berkembang dengan pesat. Masa golden age pada anak terjadi pada usia nol sampai lima tahun. Dimasa-masa ini anak wajib dibimbing dan di perhatikan oleh orang tua dan lingkungan sekitarnya, karena momen ini merupakan momen kritis bagi anak. Usia nol sampai lima tahun merupakan perkembangan otak manusia meliputi otak kiri  dan otak kanan manusia, Sehingga pada masa-masa ini anak memerlukan pendampingan khusus dari orang tua dan lingkungan.


    

Dari sisi lingkungan pendampingan anak  di masa golden age salah satunya  adalah dengan menyediakan Child Friendly Space di berbagai ruang publik.  Child Friendly space merupakan salah satu fasilitas ruang ramah anak yang ada di berbagai ruang publik. Ide mengenai Child Friendly Space pertama kali di gagas oleh  United Nations Children's Fund atau Unicef.  Latar belakang di bentuknya Child Friendly Space untuk mendukung perlindungan dan kesejahteraan psikososial anak-anak yang terkena oleh situasi krisis kemanusiaan yang luas dan menyebar (UNICEF, 2009) .

Untuk di Indonesia sendiri fasilitas ruang ramah anak atau child friendly space cenderung belum merata di berbagai tempat. Tak terkecuali di tempat obyek destinasi wisata. Masih banyak obyek wisata yang belum memiliki ruang ramah anak atau child friendly space. Masih banyak orang- menganggap ruang ramah anak merupakan ruang yang ada di tempat bermain atau tempat rekreasi yang khusus menyuguhkan fasilitas bermain anak, dan menganggap tempat destinasi wisata umum  tidak memerlukan fasilitas ramah anak.  Tidak terkecuali di museum banyak orang menganggap museum merupakan destinasi wisata sejarah yang menurut beberpa orang kuno dan membosankan. Namun hal ini sangat berbeda dengan di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta.

Selain menyuguhkan wisata sejarah, wisata edukasi serta bangunan yang heritage Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta juga menyediakan Child Friendly Space atau ruang ramah anak. Bagi pengunjung yang memiliki buah hati yang  berusia balita, pengunjung dapat mengajak buah hatinya untuk berkunjung ke Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, karena Museum Benteng Vreburg juga menyediakan fasilitas ramah anak. Sehingga pengunjung yang membawa buah hatinya pun dapat memanfaatkan fasilitas ini. Untuk di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta fasilitas ramah anak terletak di sebelah selatan ruang diorama 4. 

Sumber : AlastairAger, Janna Metzle dkk( 2013 Child friendly spaces: a systematicreview of the current evidence baseon outcomes and impact https://www.researchgate.net/publication/271961235_Child_friendly_spaces        (di akses 23 oktober 2020 )



Dyota Hayu Mahardhika
Sosiologi 2017
Universitas Atma Jaya Yogyakarta


Bagaimana informasi yang disediakan website ini?
   

Bagaimana informasi yang disediakan website ini?