Pegawai Vredeburg Didaulat sebagai Ketua FKMK Yogyakarta

administrators 30 Mei 2022 08:34:47 124


Salah seorang pegawai Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, V. Agus Sulistya, S.Pd. M.A., Sabtu (28/05/2022) dilantik sebagai Ketua Forum Komunikasi Museum Kota (FKMK) Yogyakarta Periode 2022-2025. Agus yang merupakan fungsional Pamong Budaya Ahli Madya di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta ini pada periode sebelumnya (2019-2022) duduk sebagai Wakil Ketua FKMK Yogyakarta. Selain Agus, terdapat juga Winarni, SS., MA, Fungsional Pamong Budaya Ahli Madya Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta yang duduk sebagai Ketua Bidang Penelitian dan Pengembangan FKMK Kota Yogyakarta.

Dalam pernyataan tertulisnya, V. Agus Sulistya menyampaikan bahwa langkah awal yang ia lakukan sebagai ketua FKMK adalah menetapkan Visi Misi FKMK untuk mewujudkan peran museum dalam melayani publik di bidang rekreasi dan edukasi. Selanjutnya dalam penyusunan program kerja pemajuan permuseuman, FKMK akan bersinergi dengan Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta dan Barahmus DIY. 

Sementara Kepala Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, Drs. Suharja mengucapkan selamat mengemban amanah kepada keduanya, dan berharap agar kepengurusan FKMK yang baru ini mampu membawa kemajuan bagi museum-museum di kota Yogyakarta. 

Sebagai informasi bahwa acara pemilihan sekaligus pelantikan Pengurus Forum Komunikasi Museum Kota (FKMK) Yogyakarta Periode 2022-2025 ini didahului dengan pelaksanaan Focus Group Discussion (FGD)  dengan mengusung tema “Jejaring Komunikasi dan Kolaborasi Museum sebagai Kekuatan Baru Permuseuman”, yang digelar pada 27-28 Mei 2022. Acara ini diikuti oleh perwakilan dari 19 Museum di Kota Yogyakarta yang tergabung dalam FKMK Yogyakarta. Melalui FGD ini diharapkan menjadi media diskusi pemajuan dan promosi museum serta menjadi media dalam membangun jejaring komunikasi dan kolaborasi museum-museum di Kota Yogyakarta. 

Sementara FKMK Yogyakarta ini terbentuk pada April 2019 dalam suatu acara Focus Group Discussion (FGD) yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta di Hotel Museum Batik, Jl. Dr. Sutomo No.13A Bausasaran Yogyakarta. Saat itu, FGD diikuti oleh 16 perwakilan Museum yang ada di kota Yogyakarta, Dewan Kebudayaan Kota Yogyakarta dan perwakilan dari Rintisan Kelurahan Budaya di kota Yogyakarta. 

Penulis: Lilik Purwanti (Pamong Budaya Ahli Pertama Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta)



Bagaimana informasi yang disediakan website ini?
   

Bagaimana informasi yang disediakan website ini?