Koleksi Buku Perpustakaan Siapa Sudi Saya Dongengi

administrators 07 Juli 2021 12:59:06 154

Siapa Sudi Saya Dongengi, dilihat dari judulnya tampaknya Boediarjo sang penulis ingin menjadikan kisah perjalanan hidupnya layaknya sebuah dongeng yang kemudian dituangkan dalam sebuah buku autobiografi. Sebuah dongeng yang dipersembahkan untuk kedua orang tuanya, Djafar Tjokrodisastro dan Sulimah Tjokrodisastro, kepada 18 cucu-cucunya, juga secara khusus untuk Yu Srie sang istri yang telah bersama-sama melengkapi kisah hidup sang penulis. Buku ini diterbitkan sebagai bentuk tanda syukur atas usia 75 tahun yang telah diberikan Tuhan kepada penulis, 16 November 1996.

Boediarjo dalam bukunya, mengibaratkan perjalanan kehidupan manusia seperti bergerak dari fajar ke fajar. Fajar pertama pertama ketika mulai membuka mata, sedangkan fajar berikutnya adalah bila pertunjukan wayang kehidupan selesai. Buku ini secara kronologis menceritakan kisah hidup Boediarjo mulai dari masa kanak-kanak di dukuh Tingal, Wanerjo, Borobudur, Magelang hingga usia senjanya di Jakarta. Kenangan-kenangan dalam setiap fase kehidupan dilakoni maupun peristiwa-peristiwa penting yang berkaitan dengan posisi dan jabatannya dalam pemerintahan disampaikan dengan lugas laksana seorang kakek yang bercerita kepada cucunya. 

Pemikiran dan perubahan pandangan-pandangan beliau seiring bertambahnya usia dan tingkat pendidikan, pengalaman hidup ataupun latar belakang keluarga juga sangat patut untuk disimak. Dalam buku ini juga dilampirkan beberapa koleksi foto pribadi Boediarja, momen-momen yang tertangkap kamera baik saat bersama keluarga, dengan istri tercinta, saat tugas kenegaraan, juga saat melakukan perjalan bisnis.

Buku ini akan menjadi salah satu referensi yang menarik untuk lebih mengenal sosok Boediarjo sebagai seorang yang bukan hanya negarawan, tapi juga seorang budayawan, ahli wayang, pengusaha, juga sebagai seorang family man yang sangat mecintai istri dan anak-anaknya. 

Resensi buku

Judul “Siapa Sudi Saya Dongengi"

Penulis : Boediharjo

Penerbit: Penerbit Sinar Harapan

Tempat terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 1996

Koleksi Perpustakaan Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta


Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta sebagai institusi yang bergerak dibidang ilmu pengetahuan menyediakan fasilitas perpustakaan sebagai sumber pustaka bagi karyawan museum maupun masyarakat umum. Ruang perpustakaan menempati bangunan J (eks perkantoran).


Perpustakaan Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta dapat dikunjungi pada hari kerja dengan menyesuaikan jam operasional kantor dengan berbagai fasilitas, diantaranya:


- Katalog buku Online yang dapat diakses di https://libsys-online.xyz/museum-vredeburg/opac/


- Buku-Buku yang tidak hanya bisa dibaca ditempat, namun juga bisa dipinjam oleh pengunjung.


- Komputer dan Wifi


- Ruang Baca yang representatif dan dilengkapi dengan AC dan penerangan yang cukup


- Loker Penyimpanan Tas bagi Pengunjung



Bagaimana informasi yang disediakan website ini?
   

Bagaimana informasi yang disediakan website ini?