Resensi Buku "Serangan Umum 1Maret 1949"

administrators 09 April 2021 15:26:54 63

Serangan Umum 1 Maret 1949 : Perjuangan TNI, Diplomasi dan Rakyat yang ditulis oleh Batara R Hutagalung ini menarik untuk dibaca #sahabatmuseum. Meskipun penulis tidak memiliki latar belakang keilmuwan sejarah, akan tetapi penulis mampu menghadirkan cerita sejarah yang kronologis. Hal ini dapat dilihat dari urutas isi buku untuk masuk pada pembahasan Serangan Umum 1 Maret. 

Di dalam buku ini, Batara R Hutagalung, hanya sedikit membahas peristiwa Serangan Umun 1 Maret 1949. Penulis lebih banyak menuliskan rangkaian peristiwa sebelumnya yang mendasari Serangan Umum 1 Maret 1949 terjadi dan aftermath dari peristiwa tersebut terhadap kemerdekaan dan politik Indonesia. Sebagai keturunan dari dr Wiliater Hutagalung, salah satu pejuang dalam Serangan Umum 1 Maret 1949, Batara R Hutagalung mampu menyajikan narasi sejarah secara detail. Banyak mengutip laporan dari para tokoh Serangan Umum 1 Maret 1949, membantu kita untuk lebih memahami gambaran perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Di dalam buku ini, Batara R Hutagalung mencoba menuliskan ayahnya, dr. Wiliater Hutagalung dalam narasi sejarah. Mungkin banyak dari kita asing dengan nama tersebut. dr. Wiliater Hutagalung adalah perwira teritorial Kementrian Pertahanan yang ikut membentuk organisasi teritorial dan bertugas menyusun jaringan untuk persiapan gerilya di Jawa Tengah. Selain sebagai militer, dirinya adalah dokter paru yang merawat Jenderal Soedirman selama gerilya di atas tandunya. Bersama dengan Jenderal Soedirman & Staf Angkatan, dr. Wiliater ikut membahas perkembangan situasi internasional untuk perumusan strategi perang. 

Resensi ini ditutup dengan kesimpulan bahwa setiap pahlawan memiliki tempat untuk ditulis dalam narasi sejarah bangsa. 

Resensi buku

Judul “Serangan Umum 1 Maret 1949- Perjuangan TNI, Diplomasi dan Rakyat"

Penulis : Batara R Hutagalung

Penerbit: Matapadi Presindo

Tempat terbit: LKIS

Tahun Terbit : 2016

Koleksi Perpustakaan museum Benteng Vredeburg Yogyakarta

Call Number : 958.8 HUT s

 

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta sebagai institusi yang bergerak dibidang ilmu pengetahuan menyediakan fasilitas perpustakaan sebagai sumber pustaka bagi karyawan museum maupun masyarakat umum. Ruang perpustakaan menempati bangunan J (eks perkantoran).

Perpustakaan Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta dapat dikunjungi pada hari kerja dengan menyesuaikan jam operasional kantor dengan berbagai fasilitas, diantaranya:

- Katalog buku Online yang dapat diakses di https://libsys-online.xyz/museum-vredeburg/opac/
- Buku-Buku yang tidak hanya bisa dibaca ditempat, namun juga bisa dipinjam oleh pengunjung.
- Komputer dan Wifi
- Ruang Baca yang representatif dan dilengkapi dengan AC dan penerangan yang cukup
- Loker Penyimpanan Tas bagi Pengunjung




Bagaimana informasi yang disediakan website ini?
   

Bagaimana informasi yang disediakan website ini?