Kemampuan Merespon Masalah, Penanda Kualitas Institusi

administrators 17 Mei 2023 14:18:49 202

Jika menginginkan hidup yang berkualitas, maka berikan respon berkualitas atas semua kejadian dalam hidup. Karena Quality of Respon berbanding lurus dengan Quality of Life. Hal yang sama berlaku juga dalam sebuah organisasi maupun institusi. Dalam lingkungan Museum dan Cagar Budaya sebagai institusi Badan Layanan Umum, kemampuan merespon masalah akan menjadi penanda kualitas organisasi tersebut.

Demikian disampaikan oleh Jauhari Chusbiantoro (Pamong Budaya Ahli Muda) dalam apel yang diselenggarakan pada hari Senin (15/5/2023) di halaman Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta. Apel ini diikuti oleh seluruh karyawan-karyawati Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta. Kegiatan apel pagi ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap hari Senin dan Kamis dengan diikuti oleh seluruh karyawan-karyawati Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta. Secara bergiliran, karyawan-karyawati ditunjuk sebagai Pembina apel. Hal ini dimaksudkan sebagai ajang sharing informasi, serta sharing ide dan gagasan dari segenap karyawan-karyawati bagi kemajuan Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta tercinta.

Lebih lanjut Jauhari memaparkan terkait tingkatan respon yang dikutip dari buku karya Harry Firmansyah yang berjudul High Class Response. Ada lima level respon yang menandakan kualitas sebuah organisasi atau seorang individu, yaitu Basic (respon yang cenderung reaktif atau merespon dengan cara biasa); Expected (respon yang seharusnya, melakukan karena memang menjadi bagian tugasnya), Desired  (merespon sesuatu diatas standar yang diinginkan banyak orang), Wow Surprising (organisasi atau individu yang tidak mudah puas dengan hasil kerjanya sehingga selalu memberikan berikan hasil atau solusi terbaik); dan Unbelievable (respon yang mampu menginspirasi dan menjadi contoh bagi banyak orang sehingga orang lain terdorong untuk mengikuti atau melakukan hal tersebut).

“Standar layanan minimal berada di level desired agar orang puas dengan layanan yang diberikan sehingga mau berkunjung kembali. Akan lebih istimewa ketika mampu melakukan layanan dengan standar respon di level unbelievable”, papar Jauhari. 

Diakhir sesi apelnya, Jauhari berharap agar standar layanan semakin meningkat dan memberikan dampak lebih luas dimana masyarakat mendapatkan inspirasi dari layanan yang diberikan. 

Penulis: Lilik Purwanti (Pamong Budaya Ahli Pertama Unit Utama Museum dan Cagar Budaya)


Bagaimana informasi yang disediakan website ini?
   

Bagaimana informasi yang disediakan website ini?