Resensi Buku "Suharto, Sebuah Biografi Politik"

administrators 10 April 2021 16:12:05 44

Melihat judulnya saja, kita tentu sudah langsung menilai bahwa buku ini akan berisi tentang perjalanan hidup Suharto dalam karir politiknya. R.E. Elson menulis dengan sangat apik Suharto dalam perspektif politiknya. Indonesia dan segenap perjalanan sejarahnya menuju keadaan yang "baru" ditulis Elson tidak hanya pujian tetapi juga kritikan. 

Dalam buku ini, penulis dengan lugas menuliskan kritik terhadap Suharto dan kebijakannya yang membawa Indonesia dalam jalan buntu yang sangat berliku. Kebisuan & kemisteriusan, adalah 2 kata yang digunakan penulis untuk menggambarkan sang tokoh. Meskipun telah banyak penelitian dan tulisan yang mencoba menelaah Suharto dan pikiran politiknya, akan tetapi tidak ada diantara mereka yang mampu menghadirkan Suharto dengan sistematis. 

Karirnya dalam menciptakan politik Indonesia "modern" bisa kita katakan dimulai pada masa revolusi kemerdekaan. Perannya dalam Serangan 6 jam di Yogyakarta mengangkat namanya di panggung politik Indonesia. 

Ketika Agresi Militer Belanda II membuat Yogyakarta jatuh ke tangan Belanda, Tentara Nasional Indonesia langsung menyusun strategi untuk memukul balik dan mengambil alih Indonesia dari Belanda. Pada pagi hari sekitar pukul 6, sirine dibunyikan dan serangan pun diluncurkan ke seluruh penjuru kota. Letkol Suharto dengan pistol Owen favoritnya memimpin pasukan dari sektor barat sampai ke batas Malioboro. Pasukan penyerang ini bercirikan janur kuning yang dikenakan di bahu. Dalam waktu 6 jam, Yogyakarta berhasil diambil alih. Dari peristiwa itu, Suharto dianggap sebagai salah satu pahlawan berjasa dalam menyelamatkan negeri ini dari percobaan perebutan kembali oleh Belanda.

Resensi buku

Judul “Suharto- Sebuah Biografi Politik”

Penulis : R.E. Elson

Penerbit: Pustaka Minda Utama

Tahun Terbit : 2005

Koleksi Perpustakaan museum Benteng Vredeburg Yogyakarta

Call Number : 923.3 ELS s

 

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta sebagai institusi yang bergerak dibidang ilmu pengetahuan menyediakan fasilitas perpustakaan sebagai sumber pustaka bagi karyawan museum maupun masyarakat umum. Ruang perpustakaan menempati bangunan J (eks perkantoran).

Perpustakaan Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta dapat dikunjungi pada hari kerja dengan menyesuaikan jam operasional kantor dengan berbagai fasilitas, diantaranya:

- Katalog buku Online yang dapat diakses di https://libsys-online.xyz/museum-vredeburg/opac/
- Buku-Buku yang tidak hanya bisa dibaca ditempat, namun juga bisa dipinjam oleh pengunjung.
- Komputer dan Wifi
- Ruang Baca yang representatif dan dilengkapi dengan AC dan penerangan yang cukup
- Loker Penyimpanan Tas bagi Pengunjung



Bagaimana informasi yang disediakan website ini?
   

Bagaimana informasi yang disediakan website ini?