Koleksi Mikroskop milik Fakultas Kedokteran UGM

administrators 30 Maret 2020 14:04:27 171



Koleksi Mikroskop 

Mikroskop ini salah satu koleksi milik Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta. Koleksi ini diperoleh dari Fakultas Kedokteran UGM. Konon ceritanya mikroskop ini yang digunakan sebagai sarana perkuliahan mahasiswa fakultas Kedokteran UGM sewaktu masih di Mangkubumen. Mungkin pada saat ini sudah tidak kita temui mikroskop seperti ini. Namun keberadaan mikroskop itu sangat membantu para calon dokter. 

Mikroskop bisa dipahami sebagai alat optik yang berguna untuk alat bantu dalam melihat dan mengamati benda -benda yang ukurannya sangat kecil sehingga tidak mampu dilihat dengan hanya mata telanjang. Secara sederhana mikroskop adalah alat bantu untuk melihat benda -benda berukuran sangat kecil, atau mikro. Dengan mikroskop, bayangan benda mampu diperbesar hingga 40 kali, 100 kali, bahkan sampai 1000 kali lipat. Perbesaran yang semakin tinggi ini dapat semakin meningkat lagi seiring dengan teknologi yang juga semakin berkembang.  Salah satu benda yang hanya dapat dilhat dengan bantuan mikroskop adalah virus. 

Sahabat museum, saat ini, wabah Coronavirus Disease ( Covid-19) menjadi isu kesehatan yang paling menghebohkan di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Pada manusia, koronavirus menyebabkan infeksi saluran pernapasan yang umumnya ringan, seperti pilek, meskipun beberapa bentuk penyakit seperti SARS, MERS, dan COVID-19 sifatnya lebih mematikan. Manifestasi klinis yang muncul cukup beragam pada spesies lain: pada ayam, koronavirus menyebabkan penyakit saluran pernapasan atas, sedangkan  pada sapi dan babi menyebabkan diare. Belum ada vaksin atau obat antivirus untuk mencegah atau mengobati infeksi koronavirus pada manusia.

Beberapa informasi menyebutkan bahwa virus Corona memilik diameter 400-500 mikrometer. Oleh Karen ukurannya kecil sehingga keberadaan virus itu tidak dapat dilihat dengan mata telanjang. Penularan virus corona bisa terjadi melalui berbagai hal berikut: 

1. Droplets atau tetesan cairan yang berasal dari batuk dan bersin 

2. Kontak pribadi seperti menyentuh dan berjabat tangan 

3. Menyentuh benda atau permukaan dengan virus di atasnya, kemudian menyentuh mulut, hidung, atau mata sebelum mencuci tangan,

Saat ini para dokter dan petugas kesehatan sedang berjuang untuk melawan corono. Ayo kita bantu,  mencegah meluasnya penularan virus corona, yuk kita sama-sama bekerjasama melawan virus corona. Patuhi anjuran pemerintah dengan melakukan social distancing untuk sementara waktu, jaga kesehatan, tingkatkan daya tahan tubuh, Sering mencuci tangan, tidak sering menyentuh wajah,membersihkan permukaan benda yang sering dipegang, memperhatikan etika batuk dan bersin. Ayo kita menjadi pemutus penularan virus corona. Semoga pandemi ini segera berakhir dan kita selalu dalam keadaan sehat dan selamat.




Bagaimana informasi yang disediakan website ini?
   

Bagaimana informasi yang disediakan website ini?



Berikut ini adalah Reformasi Birokrasi (RB) Pada Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta. Untuk Lebih Jelasnya Silahkan Download Soft Data Dibawah ini :

Grand Design Reformasi Birokrasi (RB) :

Peraturan Presiden RI No. 81 Tahun 2010 Grand Design Reformasi Birokrasi 2010 - 2025.

Road Map Reformasi Birokrasi (RB) :
1. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 20 Tahun 2010 Tentang Road Map Reformasi Birokrasi 2010-2014.
2. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 11 Tahun 2015 Tentang Road Map Reformasi Birokrasi 2015-2019.

Surat Keputusan Tim Reformasi Birokrasi (RB) Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta :

Surat Keputusan Tim Reformasi Birokrasi (RB) Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta.

Elektronik Dokumen (e-doc) Reformasi Birokrasi (RB) Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta

Informasi Pelayanan Pengaduan Berupa SMS yang Dapat Diakses Oleh Publik Dimanapun Berada Dengan Menggunakan Handphone / Mobile Phone Di Nomor : 081226099292

Portal Layanan Pengaduan Online Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta.


http://ult.kemdikbud.go.id/